BAB
1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perguruan
tinggi merupakan bagian integral dari tata kehidupan
bermasyarakat. Oleh karenanya berbagai permasalahan yang ada di masyarakat juga
merupakan permasalahan bagi Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi sangat
berkepentingan dan terpanggil untuk ikut serta mengupayakan pemecahan
masalah-masalah yang ada dalam masyarakat tersebut, demi terwujudnya kemajuan
dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Perguruan Tinggi dalam menjalankan
fungsinya melalui Tri Darma, yakni : 1) Pendidikan dan Pengajaran, 2)
Penelitian, 3) Pengabdian pada masyarakat. Melalui Darma ketiga khususnya,
Perguruan Tinggi akan mengambil langkah-langkah untuk ikut serta memecahkan
masalah-masalah di masyarakat sebagaimana dimaksud. Oleh karenanya, untuk
mengaplikasikan fungsi atau melaksanakan Darma ketiga dimaksud, Perguruan Tinggi
antara lain menylenggarakan program kegiatan bagi mahasiswa yang dikenal dengan
istilah “Kuliah Kerja Nyata” (KKN)
yang didalamnya secara simultan terkait pula unsur Darma lainnya (Pendidikan
dan Penelitian).
Selanjutnya
melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, Perguruan Tinggi dan khususnya
mahasiswa dapat mengabdikan diri kepada masyarakat sehingga dengan terjunnya
mahasiswa ke masyarakat, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan ilmu dan
pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan nyata di masyarakat, serta mampu
memberikan kontribusi positif pada masyarakat dalam upaya melaksanakan
pembangunan. Disamping itu memberikan kemungkinan bagi mahasiswa itu sendiri
dalam upaya meningkatkan keluasan wawasan dan pengalamannya melalui aktivitas
pengabdian kepada masyarakat.
Harapan-harapan
diatas, kiranya sangat dimungkinkan dapat diwujudkan, karena melalui program
KKN, yang pasti akan mengkondisikan mahsiswa untuk berhadapan secara langsung
dengan berbagai masalah yang terdapat dalam masyarakat, dan sekaligus menuntut
mahasiswa untuk mencoba melakukan identifikasi masalah yang ada dan menyusun
strategi bagi upaya pemecahannya (analisis), hingga pada akhirnya dapat
memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat pada umumnya dan
mahasiswa pada khususnya. Dengan demikian berdasarkan pemikiran diatas, kiranya
program KKN penting untuk dilaksanakan.
B.
Pengertian Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Kuliah
Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu program kegiatan belajar yang dilaksanakan di
lapangan oleh mahasiswa program pendidikan Sarjana Strata Satu (1) sebagai
upaya mengaplikasikan kemampuan teori dengan praktek ditengah-tengah kehidupan
masyarakat, yang erat dengan permasalahan. Sesuai dengan tujuan Perguruan
Tinggi yang berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 155/ UU/ 1998, yang
berbunyi:
1.
Menyiapkan
peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan
profesionalitas yang dapat menerapkan teknologi dan kesenian.
2.
Mengembangkan
dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta mengupayakan
untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Dalam
kegiatannya diharapkan dapat melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
Disamping itu dalam kehidupan nyata masyarakat, mahasiswa diharapkan dapat
menerapkan ilmu dan kemampuannya serta mampu memberikan dampak positif bagi
masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.
C.
Fungsi dan Tujuan KKN
1.
Fungsi
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu program yang
diberlakukan wajib bagi mahasiswa, karena fungsi yang penting antara lain:
a) untuk membina kedekatan hubungan antara lembaga
Pendidikan Tinggi dengan masyarakat;
b) untuk memacu aktifitas masyarakat dalam
pembangunan (Peningkatan SDM);
c) dapat memanfaatkan lingkupan sebagai
sumber belajar.
2.
Tujuan
Berdasarkan fungsi program KKN sebagaimana dipaparkan
diatas, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam aplikasinya dimaksudkan untuk mencapai
tujuan sebagai berikut.
a) Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif masyarakat
b) Meningkatkan pengembangan kualitas Sumber
Daya Manusia
c) Meningkatkan Upaya-upaya untuk
menegntaskan kemiskinan
d) Meningkatkan motivasi anggota masyarakat
dalam pembangunan diri dan masyarakat diberbagai bidang.
e) Meningkatkan kesadaran akan arti
pentingnya Pendidikan pada umumnya dan pendidikan Tinggi khususnya bagi
masyarakat dalam menunjang program pengentasan kemiskinan dan pembinaan
kualitas SDM
f) Memberikan pengalaman kepada para
mahasiswa menegnai realita kehidupan masyarakat yang sarat dengan segala
kompleksitas masalahnya.
g) Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam
mencari dan menemukan informasi / data, serta mengidentifikasi masalah-masalah
pokok dan penting, untuk kemudian merumuskan masalah dan memecahkannya melalui
pendekatan ilmia
D.
Peranan KKN dalam Pembangunan
Penduduk Indonesia sebagian besar bertempat tinggal di
pedesaan.Agar dapat hidup sejahtera, masyarakat pedesaan harus
membangun.Pembangunan yang dimaksud adalah pembangunan fisik dan pembagunan
non-fisik.Pembangunan fisik misalnya
pembangunan dan perbaikan jalan, tempat pendidikan, tempat ibadah, kamar mandi
dan WC dan sebagainya. Pembangunan non-fisik misalkan peningkatan keimanan,
peningkatan kesehatan, penigkatan kualitas pendidikan dan sebaginya.
Dalam
melakukan pembangunan fisik dan non-fisik, penduduk pedesaan tidak lepas dari
masalah. Permasalahan yang dihadapi sangat kompleks, dengan adanya KKN
diharapkan permasalahan yang dihadapi masyarakat pedesaan dapat teratasi.
Dalam hal
inilah peran KKN dalam pembangunan masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat
pedesaan pada khususnya. Kuliah Kerja Nyata(KKN) berperan dalam pembangunan
sebagai motivator dan dinamisator masyarakat.
BAB II
PENGENALAN LOKASI KULIAH KERJA NYATA ( KKN )
A. Tujuan Survei
Pengenalan lokasi KKNatau yang biasa dikenal dengan istilah “ survei” dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang desa atau lokasi
KKN yang selanjutnya digunakan untuk mengidentifikasikan masalah pokok,
baikyang berskala besar sedang maupun kecil, yang mungkin nantinya dapat
diangkat menjadi program kegiatan KKN sebagai program kelompok maupun program
individu. Selain itu pula survei juga bertujuan untuk mendapatkan kejelasan
tentang sebab timbulnya permasalahan sehingga dapat digunakan untuk menetapkan
sikap atau langkah apa yang akan dan harus diambil dalam penyusunan program
kegiatan.
B.
Waktu dan Pelaksanaan Survei
Survey dilaksanakan pada hari Senin 26 Maret 2013
mulai pukul 08.00 -14.00 WIB.
C.
Strategi dan Metode Survei
Kegiatan survey yang dilakukan dalam rangka
menghimpun informasi atau data yang dilaksanaan di Dusun Dorok, Desa Manggis,
Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri yang diikuti oleh seluruh peserta Kuliah
Kerja Nyata yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Pendidikan-Ekonomi-Teknik
Universitas nusantara PGRI Kediri. Kelopok kami terdiri dari 24 orang yang
kemudian melakukan survei dengan menggunakan teknik atau metode sebagai berikut
1.
Observasi
Dengan cara mengamati secara langsung dan melakukan
pencatatan berbagi aspek yang ada di lokasi KKN yang dianggap penting atau
dibutuhkan dalam penyusunan program kegiatan KKN
2.
Interview
Dengan melakukan tanya jawab, dialog dan
wawancara dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat untuk menggali
sebanyak-banyaknya data atau informasi tentang wilayah KKN di Dusun Dorok, Desa
Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.
3.
Studi Dokumentasi
Dengan melakukan pencatatan terhadap data atau informasi yang telah ada pada kantor desa dan
lembaga atau instansi setempat lainnya
D. Hasil Survei
Dari hasil survey yang telah kami lakukan, diperoleh data keadaan Dusun
Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri sebagai berikut:
1.
Bidang Pemerintahan
a.
Luas Wilayah Desa
1)
Luas Pemukiman :
622 ha
2)
Luas Persawahan : 164 ha
3)
Luas Sawah
a) Sawah irigasi teknis : 48,140 ha
b) Sawah irigasi ½ teknis : 40,500
ha
4)
Luas Tegal :
3 ha
5)
Rekreasi dan olahraga
Lapangan sepak bola : 1 ha
6)
Luas Kuburan :
0,50 ha
b.
Batas Wilayah Aparatur Pemerintah Desa :
1)
Sebelah Utara :
Desa Gadungan
2)
Sebelah Selatan :
Desa Trisulo
3)
Sebelah Barat :
Desa Gadungan
4)
Sebelah Timur :
Desa Wonorejo
c. Jumlah Wilayah Bawahan
1) Dusun :
5 wilayah
2) RT : 46 wilayah
3) RW :
11 wilayah
d.
Kondisi Geografis :
1)
Ketinggian tanah dari permukaan laut : 60 meter
2)
Curah hujan rata – rata Per tahun : 22 Mm/th
e.
Keadaan Topografi
1)
Desa dataran rendah :
64,260 ha
1.
Jumlah Tempat Pelayanan Masyarakat :
a. Tempat
Ibadah :
1) Masjid :
1 buah
2) Musholla :
5 buah
3) Gereja :
2 buah
b.
Pelayanan Pendidikan :
1)
TK : 3 buah
2) SD/ sederajat : 3 buah
3) SMP :
1 buah
c.
Sarana Olahraga, Kesenian, Kebudayaan dan Sosial :
1)
Sarana Olah raga :
a)
Lapangan :
1 buah
b)
Gedung Kesenian :
1 buah
2. Kependudukan :
a. Jumlah penduduk 6.939 jiwa
1)
Jenis Kelamin :
a) Laki- Laki :
3.444 orang
b) Perempuan :
3.495 orang
E.
Permasalahan – Permasalahan Pokok
Setiap
desa mempunyai permasalahan yang berbeda-beda. Hal ini di pengaruhi oleh
kondisi geografis masing-masing desa, termasuk di dalamnya Dusun Dorok, Desa
Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri Dengan mengetahui demografi dan
potensi yang ada di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten
Kediri secara garis besar adalah sebagai berikut :
1. Masalah Non Fisik
Masalah non fisik yang kami temukan dari hasil survey kami meliputi
sebagai berikut:
a.
Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya
pendidikan;
b.
kurangnya
kesadaran masyarakat akan pembelajaran membaca al-qur’an yang benar;
c. belum optimal dan terorganisirnya Karang Taruna
atau kegiatan pemuda desa.
2. Masalah Fisik :
Masalah fisik yang kami temukan dari hasil survey kami meliputi sebagai
berikut:
a.
Belum adanya papan nama lapangan di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu,
Kabupaten Kediri;
b.
minimnya keberadaan net dan bola volli di Dusun Dorok,
Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri;
c.
belum adanya papan informasi di masjid Dusun Dorok,
Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri;
d.
minimnya keberadaan Al- Qur’an dan Iqro’ di masjid dan
mushola Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri;
e.
minimnya keberadaan sarana (papan tulis) di mushola
Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.
BAB III
PENYUSUNAN PROGRAM KULIAH KERJA NYATA
A.
Dasar Penyusunan Program
Sebelum mahasiswa terjun langsung ke lokasi KKN,
mahasiswa wajib memiliki program kegiatan individu yang akan dilaksanakan
dilokasi KKN. Usulan program individu tersebut adalah acuan kegiatan yang harus
dilaksanakan mahasiswa di lokasi KKN selain kegiatan kelompok.
Tentu saja dalam penyusunan program individu harus
melalui beberapa prosedur penyususnan program antara lain yaitu mahasiswa wajib
mengikuti kegiatan survey ke lokasi yang akan digunakan untuk KKN. Disana
mahasiswa akan menghimpun informasi dan mengidentifikasi beberapa masalah yang
ada di lokasi KKN. Setelah mahasiswa melaksanakan survey ke lokasi KKN,
mahasiswa membuat dan menyusun usulan program individu yang tentu saja disesuaikan
dengan kondisi yang ada di lokasi KKN. Kemudian usulan program individu tersebut dikonsultasikan dengan pembimbing
untuk memperoleh saran, pertimbangan, dan persetujuan dari pembimbing.
Namun sebelum
mahasiswa menyusun usulan program individu tersebut harus mempertimbangkan
beberapa aspek, antara lain masalah-masalah yang terdapat di lokasi KKN.
Tingkat urgensi dan manfaat program, kemampuan mahasiswa dan kemanfaatan
masyarakat.
B.
Usulan Program Kelompok
Tabel 3.1
Matrik Usulan Program Kelompok
NO.
|
TANGGAL
|
KEGIATAN
|
TEMPAT
|
PENANGGUNG JAWAB
|
1.
|
Pagi hari (tanggal 5, 12 April)
|
Jum’at bersih
|
Masjid dan mushola
|
M.Wildan Fauzi (CO)
Syaiful Anam
Demianto
M.Budi Santoso
|
2.
|
Malam hari (4, 11 April)
|
Mengikuti kegiatan yasinan dan tahlilan
|
Rumah warga
|
3.
|
Sore hari (tanggal 6, 8, 9, 10,
12 April)
|
Membantu mengajar di TPA
|
Mushola An- Nur Dusun Dorok
|
4.
|
Sore hari (tanggal 14 April)
|
Penyerahan Al-Qur’an dan
Iqro’
|
Masjid, mushola dan TPA
|
5.
|
Pagi hari (tanggal 7,11 April)
|
Mengikuti tahziah
|
Pemakaman
|
6.
|
Siang hari (tanggal 3, 4, 5, 9,
10, 11 April)
|
Bimbingan belajar
|
Posko kelompok 19
|
Irma Nur Hanik (CO)
Erika Lutfatun
Yufi Dwi Novita
|
7.
|
Siang hari (tanggal 7, 14 April)
|
Bimbingan kesenian menari
|
Posko kelompok 19
|
8.
|
Malam hari (tanggal 5, 9, 13
April)
|
Bimbingan belajar buta
huruf Manula
|
Rumah Bu Kasun
|
9.
|
Malam hari (tanggal 6, 13 April)
|
Nonton bareng film edukasi
|
Posko kelompok 19
|
10.
|
Pagi hari (tanggal 3, 4, 6, 7, 8,
9, 10, 11, 13 April)
|
Kerja bakti
|
Lingkungan
|
Lilis Setyani (CO)
Ninik Dwi L
M Fendi Santoso
|
11.
|
Malam hari (tanggal 11 April)
|
Program penyuluhan Anti
Narkoba
|
|
12.
|
Pagi hari (tanggal 12 April)
|
Mengikuti kegiatan
Posyandu
|
Rumah Bu Kasun
|
13.
|
Pagi hari (tanggal 14 April)
|
Penyerahan bibit duren
kepada Perangkat Desa
|
Rumah Bu Kasun
|
14.
|
Malam hari (tanggal 5, 9, 13
April)
|
Sosialisasi terapi kesehatan
|
Rumah Bu Kasun
|
15.
|
Pagi hari (tanggal 12 April)
|
Penyuluhan jentik-jentik
nyamuk
|
Rumah warga
|
16.
|
Malam hari (tanggal 10 April)
|
Demo masak
|
Rumah warga
|
Navita Maharani (CO)
Leli Fitri
Eka Finda
|
17.
|
Pagi hari (tanggal 7 April)
|
Pertandingan Bola Voli
persahabatan
|
Lapangan desa
|
Datu Yanuar (CO)
Agung Efendi
M. Usman
|
18.
|
Pagi hari (tanggal 13 April)
|
Penyerahan net dan bola
voli
|
Rumah Kepala Desa
|
|
19.
|
Pagi hari (tanggal 8 April)
|
Jejak desa
|
Lingkungan desa
|
Angga Zudi (CO)
Lucki Nalaseta
Panji Kurniawan
Deri Suhardi
|
20.
|
Siang hari (tanggal 10, 12, 13
April)
|
Kunjungan tempat-tempat
bersejerah
|
Hutan Simpanan, Candi Dorok dan
Batu Gajah
|
21.
|
Sore hari (tanggal 7 April)
|
Pemasangan papan nama lapangan
|
Lapangan desa
|
22.
|
Pagi hari (tanggal 4 April)
|
Mengikuti pelatihan ternak
ayam broiler (petelur)
|
Pemilik peternakan ayam broiler
(Bapak Anton)
|
Hasan Azhari (CO)
David Aprilia
M.Machrus Ali
|
23.
|
Pagi hari (tanggal 10 April)
|
Mengikuti pelatihan
peternakan babi
|
Pemilik peternakan babi (Bapak
Yono)
|
BAB IV
LAPORAN KEGIATAN
Sebelum mahasiswa berangkat menjalankan
kegiatan KKN, mahasiswa memiliki pegangan program kegiatan yang akan
dilaksanakan di lokasi KKN, yaitu usulan program yang telah disetujui oleh
pembimbing. Setelah mahasiswa berada di lokasi KKN mahasiswa wajib melaksanakan
usulan program tersebut sesuai dengan kondisi dilokasi KKN.
A. LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN KELOMPOK
Adapun kegiatan kelompok yang
telah dilaksanakan adalah sebagai berikut:
Tabel 4.1
Bidang : keagamaan
Identitas
Program
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Nama Program
|
1. Belajar baca tulis Al Qur’an
dan kitab
|
Kelompok Sasaran
|
Anak usia SD sampai dengan SMP
|
Tujuan
|
Meningkaatkan pengetahuan
tentang agama
|
Bentuk Kegiatan
|
Fisik & Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Keagamaan
|
Bahan/Alat
|
Papan tulis, kapur tulis, iqro,
kitab”, Al Qur’an.
|
Biaya Kegiatan
|
Rp 350.000,00
|
Jumlah Peserta
|
60
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Santri dapat mempelajari Al
Qur’an dan kitab dengan baik dan benar.
|
Faktor Pendukung &
Penghambat
|
Faktor Pendukung : sarana dan prasarana mendukung
Faktor Penghambat : banyaknya
santri tidak seimbang dengan jumlah pengajar
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Jumlah pengajar harus ditambah
agar proses belajar menjadi lebih kondusif.
|
|
Tabel 4.2
|
Bidang :
Kepemudaan
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Renovasi lapangan volly ds Manggis dsn Dorok KEC. PUNCU
2. Mengadakan Pertandingan Persahabatan antara Srikandi (ds
MANGGIS vs ds ASMOROBANGUN)
|
Kelompok Sasaran
|
Pemuda-Pemudi
|
Tujuan
|
Meningkatkan persahabatan antar desa
|
Bentuk Kegiatan
|
Fisik & Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Olahraga & Sosial
|
Bahan/Alat
|
Cat, kuas, bola volly dan net (jaring)
|
Biaya Kegiatan
|
Rp 275.000,-
|
Jumlah Peserta
|
40
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Kerukunan antar desa ataupun club jadi lebih harmonis dan saling
erat persahabatannya
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung : sarana
dan prasarana mendukung
Faktor Penghambat : kotornya lapangan bola volly yang akan
digunakan untuk pertandingan persahabatan
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Harus sering diadakan pertandingan persahabatan atau kompetisi
antar desa
|
Tabel 4.3
Bidang :
Kewanitaan
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
Nama Program
|
Demo memasak kue brownis kukus
|
Kelompok Sasaran
|
Ibu-ibu PKK lingkungan Dsn. Dorok
|
Tujuan
|
Menambah wawasan tentang memasak
|
Bentuk Kegiatan
|
Non Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Kewanitaan
|
Bahan/Alat
|
Bahan –bahan kue, kompor, dandang, alat pengukus
|
Biaya Kegiatan
|
Rp 150.000,00
|
Jumlah Peserta
|
30 orang
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Menambah kreatifitas ibu-ibu dalam hal memasak khususnya membuat
kue
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung : sarana
dan prasarana mendukung
Faktor Penghambat : kurangnya antusias ibu-ibu dalam belajar
membuat kue
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Lebih ditingkatkan kreatifitas dalam demo memasak
|
Tabel 4.4
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
Nama Program
|
1. Bimbingan Belajar
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa SD dan SMP
|
Tujuan
|
Membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran di sekolah
|
Bentuk Kegiatan
|
Non Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Buku dan alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
Rp 6.300,00
|
Jumlah Peserta
|
30 orang
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa dapat mengerjakan soal-soal pelajaran dengan lebih baik dan
terbimbing
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung: tingginya antusias siswa dalam belajar karena
jarang adanya lembaga bimbingan belajar yang kompeten
Faktor penghambat: ruangan yang tidak terlalu luas sehingga
membutuhkan waktu lebih lama karena ada 2 gelombang
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Dukungan dari orang tua dan guru dalam membimbing dan mengajar
dengan lebih terprogram
|
Tabel 4.5
Bidang : pendidikan
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
Nama Program
|
2. Menonton film edukasi
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa SD dan SMP
|
Tujuan
|
Membanbah pengetahuan siswa dalam belajar diluar materi pelajaran
|
Bentuk Kegiatan
|
Non Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Laptop dan LCD
|
Biaya Kegiatan
|
Rp 70.000,00
|
Jumlah Peserta
|
30 orang
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Mengurangi kejenuhan dan menambah wawasan dengan melihat film
edukasi
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung: sarana dan prasarana yang mendukung
Faktor penghambat: kurang ada film edukasi yang terbaru
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Tetap tekun belajar meskipun diluar jam dan materi pelajaran
|
Tabel 4.6
Bidang : pendidikan
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
Nama Program
|
3. Bimbingan Buta Huruf Manula
|
Kelompok Sasaran
|
Warga Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu
|
Tujuan
|
Mengajarka cara menulis dan membaca tulisan dasar atau tulisan
penting yang sering warga jumpai
|
Bentuk Kegiatan
|
Non Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Papan, alfabet balok, buku dan alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
RP 0,00
|
Jumlah Peserta
|
40 orang
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Warga dapat menulis dan membaca
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung: tingginya antusias para perangkat desa dan
pemerintah untuk mengadakan bimbingan untuk buta aksara
Faktor penghambat: pengambilan waktu yang kurang tepat dan kurang
lama untuk bimbingan dikarenakan waktu bekerja warga yang tidak sama
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Terus dijalankan untuk mengurangi kebodohan pada warga khususnya
manula
|
Tabel 4.7
Bidang :
Sosial
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Jejak Desa
2. Sosialisasi Kebersihan Pada Anak Usia Dini
|
Kelompok Sasaran
|
Anak-anak
|
Tujuan
|
Agar anak memahami tentang pentingnya menjaga kebersihan
|
Bentuk Kegiatan
|
Fisik & Non Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Sosial
|
Bahan/Alat
|
Alat-alat kebersihan
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
20
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Anak mampu memahami arti pentingnya menjaga kebersihan diri
sendiri dan lingkungan sekitar.
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung: Antusias anak dengan program ini sangat tinggi.
Faktor Penghambat: Minimnya alat kebersihan menjadi kendala dalam
program ini.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Kegiatan ini harus terus diterapkan dan diajarkan pada anak agar
kelak anak menjadi pribadi yang mampu menjaga kebersihan diri sendiri
maupun lingkungan sekitar.
|
Tabel 4.8
Bidang :
Usaha
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Berternak Bibit Ayam Petelur
|
Kelompok Sasaran
|
Umum
|
Tujuan
|
Menummbuhkan semangat berwirausaha
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Usaha
|
Bahan/Alat
|
Pakan ayam dan peralatannya
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
9
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Mengerti tata cara berternak ayam yang baik dan benar
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
-
Pendukung: Semua alat tersedia dengan lengkap
-
Penghambat: Biaya perawatan dan pakan yang mahal
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Kaeseriusan dalam berternak ayam sangat di perlukan demi
kelanjutan program.
|
Tabel 4.9
Bidang :
Kesehatan
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Sosialisasi terapi kesehatan
|
Kelompok Sasaran
|
Warga
|
Tujuan
|
Agar warga memahami cara terapi kesehatan yang benar
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Kesehatan
|
Bahan/Alat
|
Tikar, alas duduk (kursi)
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
20
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Warga mengetahui dan memahami cara terapi kesehatan
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
-
Pendukung: Warga berantusias tinggi dalam mengikuti
sosialisasi
-
Penghambat: Daya ingat warga yang lemah membuat
lupa cara terapi
|
Saran untuk
kelanjutan program
|
Keseriusan warga dalam mengikuti program terapi kesehatan akan
bermanfaat dalam menjaga kesehatan
|
Tabel 4.10
Bidang :
kesehatan
No. & Nama Program
|
2. Penyuluhan jentik-jentik nyamuk
|
Kelompok Sasaran
|
Warga
|
Tujuan
|
Agar warga terhindar dari penyakit demam berdarah
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Kesehatan
|
Bahan/Alat
|
Alat penerangan (senter), buku, bolpoint
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
50 Kepala Keluarga
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Warga terhindar dari penyakit demam berdarah
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
-
Pendukung: Warga berantusias tinggi dalam menjaga
kebersihan tempat penampungan air
-
Penghambat: Jumlah penampungan air terlalu besar
sehingga menimbulkan rasa malas untuk membersihkan
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Keseriusan warga dalam menjaga kebersihan penampungan air akan
menghindari dari penyakit demam berdarah
|
Tabel 4.11
Bisang : kesehatan
No. & Nama Program
|
3.Program Posyandu
|
Kelompok Sasaran
|
Anak-anak
|
Tujuan
|
Mengetahui tingkat pertumbuhan (berat badan ) anak
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Kesehatan
|
Bahan/Alat
|
Buku, bolpoit, alat pengukur berat badan (timbangan)
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
30
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Pertumbuhan anak relative meningkat
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
-
Pendukung: Warga berantusias datang ke posyandu
untuk mengetahui tingkat pertumbuhan
anaknyag
-
Penghambat: Warga terkendala waktu ketika
pelaksanaan program posyandu
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Keseriusan warga dalam menjaga kebersihan penampungan air akan
menghindari dari penyakit demam berdarah
|
B. LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN INDIVIDU
Adapun kegiatan individu yang telah dilaksanakan
adalah sebagai berikut:
Tabel 4.12
NAMA : AGUNG
EFENDI
|
NIM :
09.1.01.09.0029
|
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu
|
BIDANG : Olahraga
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
Melatih teknik dasar sepak bola ( passing dan control bola )
|
Kelompok Sasaran
|
Anak-anak Dsn. Dorok
|
Tujuan
|
Agar dapat mengetahui tekhnik dasar sepak bola
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Melatih
|
Bahan/Alat
|
Bola dan lapangan
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 50.000
|
Jumlah Peserta
|
15 anak
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Anak-anak mampu melaksanakan pasing dan control bola dengan baik
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Setiap anak banyak yg belum memiliki sepatu olahraga
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Diadakan latihan rutin seminggu 2 kali
|
Tabel 4.13
NAMA : ANGGA ZUDI SUSANTO
|
NIM :
09.1.03.02.0071
|
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS Kec. PUNCU
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Pengenalan Internet yang sehat dan benar pada anak
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa-siswi SD dan SMP
|
Tujuan
|
Agar siswa-siswi dapat mengenal dunia tekhnologi dengan benar dan
memiliki pengetahuan tentang dunia luar melalui media internet.
|
Bentuk Kegiatan
|
Non fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Notebook, USB Modem dan video edukasi.
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 50.000
|
Jumlah Peserta
|
15 peserta
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
siswa-siswi mampu memahami dan mempraktekkan cara berinternet yang
baik dan sehat.
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung : Siswa sangat antusias terhadap bidang baru
khususnya teknologi informasi yang kian maju.
Faktor Penghambat : Kurangnya media Komputer sehingga waktu terasa
tidak efisien karena harus bergantian dengan sisawa-siswi yang lain.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Diharapkan adanya Media Komputer yang cukup sehingga menunjang
kegiatan bimbingan belajar tentang dunia Komputerisasi.
|
Tabel 4.14
NAMA : Muhammad
Budi Santoso
|
NIM :
09.1.01.09.0546
|
KEL / LOKASI : 19/Ds. Manggis
|
BIDANG :
Kepemudaan
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
Perawatan dan renovasi sarana dan prasarana olahraga di desa
Manggis
|
Kelompok Sasaran
|
Umum
|
Tujuan
|
Agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga sarana dan prasarana
guna menunjang olahraga di desa manggis
|
Bentuk Kegiatan
|
Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Sapu, tempat sampah, cat, kuas
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 150.000
|
Jumlah Peserta
|
10
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga sarana dan
prasarana olahraga sehingga kesadaran olahraga masyarakat meningkat
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung : lapangan sudah tersedia
Faktor penghambat : mangajak masyarakat untuk berpartisipasi
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Lebih aktif menjaga sarana dan prasarana olahraga agar dapat
digunakan untuk jangka panjang
|
Tabel 4.15
NAMA : Datu
Yanuar Sabillasong
|
NIM :
09.1.01.01.0043
|
KEL / LOKASI : 19 / Dsn.
DOROK Ds. MANGGIS KEC. PUNCU
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. LBB
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa-siswi SD
|
Tujuan
|
Mengatasi kesulitan dalam belajar
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Bimbingan belajar
|
Bahan/Alat
|
Alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 50.000,-
|
Jumlah Peserta
|
20 Peserta
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa-siswi mampu belajar dan mengerjakan LKS dengan benar
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung : Minat
yang besar dalam diri sendiri untuk mengikuti LBB
Faktor Penghambat : Kurangnya minat dari peserta lain karena
kebanyakan para peserta sudah mengikuti LBB di luar
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Jam mengajar harusnya ditambah
|
Tabel 4.16
NAMA :DAVID
APRILIAN
|
NIM
:09.1.03.01.0011
|
KEL / LOKASI :19/ Masyarakat sekitar posko
|
BIDANG : Sosial
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Penyuluhan perawatan motor sehari-hari
|
Kelompok Sasaran
|
Masyarakat Dusun Dorok
|
Tujuan
|
Supaya motor lebih nyaman dikendarai sehari-hari
|
Bentuk Kegiatan
|
Non Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Sosial
|
Bahan/Alat
|
Brosur, Buku panduan
|
Biaya Kegiatan
|
Rp 50.000,00-
|
Jumlah Peserta
|
20 Orang
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang cara merawat motor.
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung: Teman-teman kelompok 19
Faktor Penghambat: Kurangnya fasilitas, alat yang memadai.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Mematuhi tata tertib lalulintas dan berkendara sesuai dengan buku
panduan.
|
Tabel 4.17
NAMA :DERI
SUHARDI
|
NIM :09.1.01.05.0061
|
KEL / LOKASI : 19/ Desa Manggis
1
|
BIDANG :
Pendidikan
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Bimbingan belajar
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa SD-SMP
|
Tujuan
|
Meningkatkan mutu belajar siswa
|
Bentuk Kegiatan
|
Non Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Buku, Lks, dan Alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
Rp 50.000,00-
|
Jumlah Peserta
|
15 Orang
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa dapat menyelesaikan tugas dari guru mata pelajaran
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung: Tersedianya tempat yang memadai.
Faktor Penghambat: kurangnya niat belajar siswa.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Lebih tingkatkan prestasi belajar
|
Tabel 4.18
NAMA :
DHEMIANTO ARI WIBOWO
|
NIM :
09.1.01.07.0040
|
KEL / LOKASI : RUMAH PAK KASUN
|
BIDANG : PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Belajar membaca dan menulis (buta aksara)
|
Kelompok Sasaran
|
Bapak/ibu rumah tangga
|
Tujuan
|
Memberantas buta aksara di kalangan masyarakat
|
Bentuk Kegiatan
|
Non Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Bimbingan Belajar
|
Bahan/Alat
|
Buku, papan tulis, sepidol
|
Biaya Kegiatan
|
100.000,00-
|
Jumlah Peserta
|
10 peserta
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Mampu membaca dan menulis
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung: Sarana dan prasarana yang memenuhi.
Faktor Penghambat: kelelahan karena pekerjaan yang berat menjadi
hambatan bagi masyarakat untuk datang belajar membaca dan menulis..
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Terus belajar membaca dan menulis.
|
Tabel 4.19
NAMA :EKA VINDA
YUSWANTORO
|
NIM :
09.1.01.09.0197
|
KEL / LOKASI :19/ DESA MANGGIS 1
|
BIDANG :KEPEMUDAAN
|
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Membenahi sarana prasarana olahraga.
|
Kelompok Sasaran
|
Pemuda
|
Tujuan
|
Meningkatkan kegiatan dalam bidang olahraga
|
Bentuk Kegiatan
|
Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Sosial
|
Bahan/Alat
|
Alat pemotong rumput, cat, kuas, sapu
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 100.000,00-
|
Jumlah Peserta
|
10 Orang
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Meningkatkan semangat masyarakat dalam hal olahraga
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung: Dukungan dari masyarakat
Faktor Penghambat: Cuaca yang tidak menentu, sehingga kegiatan
tidak berjalan dengan lancar.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Kembangkan terus bakat olahraga dalam diri anda.
|
Tabel 4.20
NAMA : ERYKA
LUTFATUN NASIHA
|
NIM :
09.1.01.05.0095
|
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Bimbingan Belajar
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa SD dan SMP
|
Tujuan
|
Meningkatkan pemahaman siswa pada materi pelajaran khususnya mata
pelajaran matematika
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Buku dan alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
20 siswa
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa dapat mengerjakan soal-soal pelajaran dengan lebih baik dan
terbimbing
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung: tingginya antusias siswa dalam belajar karena
jarang adanya lembaga bimbingan belajar yang kompeten
Faktor penghambat: ruangan yang tidak terlalu luas sehingga
membutuhkan waktu lebih lama karena ada 2 gelombang
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Dibentuknya LBB yang memilikikompetensi yang tinggi dan
pembelajaran yang terprogram dengan baik karena para siswa memiliki minat
yang sangat besar di sini
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
2. Bimbingan Buta Aksara pada manula
|
Kelompok Sasaran
|
Para warga buta aksara
|
Tujuan
|
Mengajarka cara menulis dan membaca tulisan dasar atau tulisan
penting yang sering warga jumpai
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Papan, huruf balok, buku, dan alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
Rp 0,00
|
Jumlah Peserta
|
40 warga
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Warga dapat membaca dan menulis
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung: tingginya antusias para perangkat desa dan
pemerintah untuk mengadakan bimbingan untuk buta aksara
Faktor penghambat: pengambilan waktu yang kurang tepat dan kurang
lama untuk bimbingan dikarenakan waktu bekerja warga yang tidak sama
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Terus dijalankan untuk mengurangi kebodohan pada warga khususnya
manula
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
3. Posyandu
|
Kelompok Sasaran
|
Balita
|
Tujuan
|
Meningkatkan imunitas dini pada balita
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Kesehatan
|
Bahan/Alat
|
Buku dan alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
Rp 20.000,-
|
Jumlah Peserta
|
30 siswa
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Kekebalan balita pada penyakit tertentu karena adanya imunisasi,
penimbangan BB setiap bulan, dan vitamin bulan Februari dan September
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung: tempat yang memadahi dan ketepatan waktu
pelaksanaan setiap bulan
Faktor penghambat: kurangnya antusias para ibu balita untuk rutin
dan datang setiap bulan
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Program dapat dilaksanakan dengan rutin dan jika perlu di adakan
peninjauan pada warga yang memiliki balita namun janrang datang ke posyandu
|
Tabel 4.21
NAMA : HASAN
ASHARI
|
NIM :
09.1.01.08.0103
|
KEL / LOKASI : 19 / DSN.
DOROK SD. MANGGIS KEC. PUNCU
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Belajar Bahasa Inggris Bareng
|
Kelompok Sasaran
|
SD-SMP
|
Tujuan
|
Agar siswadapatmeningkatkankemapuanmenulisdan berbicara
dengantataBahasaInggris yang baik danbenar.
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Bimbingan Belajar
|
Bahan/Alat
|
Kamus, BukuPanduan
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
10anak
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswadapatmenyusunatau merangkai dan mengucapkan
kalimatdalamBahasaInggrisdenganbaikdanbenar
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
-
Pendukung: Semangat yang tinggi dari para siswa
untuk melaksanakan bimbingan.
-
Penghambat: Siswa masih malu untuk berbicara menggunakan
Bahasa Inggris, Kurangnya sarana pendukung seperti papan tulis, dll.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Sarana pembelajaran yang lebih memadai sangat di perlukan untuk
kelanjutan program.
|
Tabel 4.22
NAMA :IRMA NUR
HANIK
|
NIM :
09.1.01.01.0142
|
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS KEC. PUNCU
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. LBB
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa-siswi SD
|
Tujuan
|
Mengatasi kesulitan dalam belajar
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Bimbingan belajar
|
Bahan/Alat
|
Alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 50.000,-
|
Jumlah Peserta
|
20 Peserta
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa-siswi mampu belajar dan mengerjakan LKS dengan benar
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung : Minat
yang besar dalam diri sendiri untuk mengikuti LBB
Faktor Penghambat : Kurangnya minat dari peserta lain karena
kebanyakan para peserta sudah mengikuti LBB di luar
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Jam mengajar harusnya ditambah
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
2. Nonton Bersama
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa SD dan SMP
|
Tujuan
|
Memberikan wawasan dan motifasi.
|
Bentuk Kegiatan
|
Non Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Bimbingan Kelompok
|
Bahan/Alat
|
Leptop, Proyektor dan sounsistem.
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 35.000,-
|
Jumlah Peserta
|
30 anak
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Peserta mendapatkan pengalaman dan motifasi untuk menjadi lebih
baik lagi dari menonton flim
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung: tersedianya banyak flim motivasi dan minat
peserta dalam mengikuti kegiatan nonton bersama.
Hambatan: kendala cuaca yang menyebabkan tidak semua peserta dapat
hadir untuk nonton bareng.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Ditambahnya jam menonton dan diadakan evaluasi setelah menonton
bareng.
|
Tabel 4.23
NAMA : Kesi
Sulisetyo Rini
|
NIM :
09.1.01.08.0129
|
KEL / LOKASI : 19/Ds. Manggis
|
BIDANG :
Pendidikan
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
Belajar bersama Bahasa Inggris
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa SD-SMP
|
Tujuan
|
Agar siswa lebih pandai berbahasa Inggris
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Buku ajar
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
10
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Mereka dapat memahami lebih dalam tentang bahasa Inggris
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung : sarana memadai yakni tempat yang luas
Faktor penghambat : -
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Lebih kreatif dalam memberikan pengajaran
|
Tabel 4.24
NAMA : LELI
FITRI NURSANTI
|
NIM :
09.1.01.09.0312
|
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
Bimbingan belajar penjas (SD)
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa SD
|
Tujuan
|
Mengatasi kesulitan dalam belajar penjaskes
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Buku tulis, buku pegangan siswa
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 50.000
|
Jumlah Peserta
|
15 orang
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa-siswi mampu mengerjakan LKS dengan benar
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Kurangnya minat dari peserta lain karena kebanyakan para peserta
sudah mengikuti LBB
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Jam mengajar harusnya ditambah dan membaca
|
Tabel 4.25
NAMA : LILIS
SETIANI
|
NIM :
09.1.01.07.0092
|
KEL / LOKASI : 19 / DSN.
DOROK, DS. MANGGIS KEC. PUNCU
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Terampil bersastra
|
Kelompok Sasaran
|
SD-SMP
|
Tujuan
|
Agar siswa dapat terampil dalam bersastra (membaca puisi)
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Bimbingan Belajar
|
Bahan/Alat
|
Buku Panduan, Buku Kumpulan Puisi
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
10 anak
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa dapat terampil dalam bersastra (membaca puisi)
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
-
Pendukung: Antusias yang tinggi dari para siswa
untuk melaksanakan bimbingan.
-
Penghambat: Siswa masih malu untuk membaca puisi
dengan ekspresi.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Antusias yang tinggi dari siswa dalam bersastra mampu menumbuhkan
rasa cinta siswa terhadap Negara Indonesia
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
2.Penggagas sosialisasi terapi kesehatan
|
Kelompok Sasaran
|
Warga
|
Tujuan
|
Agar warga memahami cara terapi kesehatan yang benar
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Kesehatan
|
Bahan/Alat
|
Tikar, alas duduk (kursi)
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
20
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Warga mengetahui dan memahami cara terapi kesehatan
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
-
Pendukung: Warga berantusias tinggi dalam mengikuti
sosialisasi
-
Penghambat: Daya ingat warga yang lemah membuat
lupa cara terapi
|
Saran untuk
kelanjutan program
|
Keseriusan warga dalam mengikuti program terapi kesehatan akan bermanfaat
dalam menjaga kesehatan
|
Tabel 4.26
NAMA : LUCKY
NALASETA
|
NIM :
09.1.03..02.0289
|
KEL / LOKASI :19/ DESA MANGGIS
|
BIDANG
:PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Bimbingan belajar komputer
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa SMP
|
Tujuan
|
Mengenalkan Ms Excel
|
Bentuk Kegiatan
|
Non fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Laptop, LCD, dan Buku
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 50.000,00-
|
Jumlah Peserta
|
7 Orang
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa mampu mengoprasikan program Ms Excel
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung: Tempat bimbingan yang telah tersedaa
Faktor Penghambat: Kurang Laptop
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Teruslah belajar supaya memiliki pengetahuan yang luas.
|
Tabel 4.27
NAMA : M Fendi
Santoso
|
NIM :
09.1.01.06.0069
|
KEL / LOKASI : 19/Ds. Manggis
|
BIDANG :
Pendidikan
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
Belajar bersama
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa SD dan SMP
|
Tujuan
|
Meningkatkan pemahaman materi Ilmu Pengetahuan Alam
|
Bentuk Kegiatan
|
Non Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Bimbingan Belajar
|
Bahan/Alat
|
Buku, kamus, alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
10 anak
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa dapat mengerti konsep pelajaran ilmu pengetahuan alam sesuai
dengan tingkatanya
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
-
Pendukung: Antusias siswa tinggi dengan semangat
yang membara
-
Penghambat: Siswa malu untuk bertanya ketika
mendapat materi yang susah di fahami
|
Saran untuk kelanjutan program
|
-
Sarana yang kurang memadai dan keterbatasan waktu
sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal
|
Tabel 4.28
NAMA : M.
MACHRUS ALI TOBRONI
|
NIM :
09.1.02.02.0056
|
KEL / LOKASI :19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS Kec. PUNCU
|
BIDANG :
KEPEMUDAAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Pengawalan Pendirian Posko “GAMAN” Gerakan Masyarakat Anti
Narkoba
|
Kelompok Sasaran
|
Pemuda dan Masyarakat Dsn. Dorok
|
Tujuan
|
Membentuk mental generasi cerdas tanpa narkoba
|
Bentuk Kegiatan
|
Peyuluhan dan sosialisasi
|
Sifat Kegiatan
|
Non - Fisik
|
Bahan/Alat
|
-
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 200.000,-
|
Jumlah Peserta
|
30 peserta
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Berdirinya posko “GAMAN” Gerakan Masyarakat Anti Narkoba
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Pendukung : Respon positif dari perangkat dusun dan Ketua RT
Penghambat : Waktu pelaksanaan benturan dengan agenda rutin warga
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Menginformasikan pada masyarakat tentang adanya posko “GAMAN”
sebagai posko pengaduan pengguna narkoba di Dsn. Dorok
|
Tabel 4.29
NAMA : MUH
USMAN
|
NIM :
09.1.01.09.0367
|
KEL / LOKASI : 19/Dsn.
DOROK Ds. MANGGIS KEC. PUNCU
|
BIDANG :OLAHRAGA
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Pengenalan dampak Sex Bebas (FREE SEX)
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa-siswi SMP
|
Tujuan
|
Agar siswa-siswi mengetahui dampak dari Sex Bebas
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Sosialisasi
|
Bahan/Alat
|
Laptop dan Proyektor
|
Biaya Kegiatan
|
Rp.100.000,00-
|
Jumlah Peserta
|
20 Peserta
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa dapat mengetahui dampak-dampak dari Sex Bebas
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung :sarana dan Prasarana sudah terpenuhi.
Faktor Penghambat :kurangnya minat siswa-siswi yang datang untuk
mengikuti sosialisasi sex bebas ini
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Untuk setiap sekolahan harus sering mengadakan sosialisasi sex
bebas yang lebih sering lagi,agar calon-calon generasi muda tidak terjebak
dalam sex bebas
|
Tabel 4.30
NAMA : Navita
Maharani
|
NIM :
09.1.03.02.0374
|
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS Kec. PUNCU
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Pengenalan WordArt
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa-siswi SD Dsn. Dorok Ds. Manggis
|
Tujuan
|
Agar para siswa-siswi dapat mengkreasikan bentuk angka atau huruf
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Laptop
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 50.000
|
Jumlah Peserta
|
10 orang
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa-siswi dapat lebih mengenal apa itu WordArt
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Kurangnya sarana pendukung seperti laptop atau komputer
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Agar sekolah lebih mengenalkan wordArt pada anak didiknya dan yang
terpenting microsoft word
|
Tabel 4.31
NAMA : NINIK
DWI LESTARI
|
NIM :
09.1.01.06.0074
|
KEL / LOKASI : 19 / Dsn.
DOROK Ds. MANGGIS KEC. PUNCU
|
BIDANG :
KESEHATAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Penyuluhan jentik – jentik nyamuk
|
Kelompok Sasaran
|
Warga Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu RT.02 RW.01
|
Tujuan
|
Untuk memberantas nyamuk aides aigepti
|
Bentuk Kegiatan
|
Non- Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Kesehatan
|
Bahan/Alat
|
Senter
|
Biaya Kegiatan
|
-
|
Jumlah Peserta
|
30 kepala keluarga
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Setelah dilakukan pengamatan terdapat dua rumah yang terdapat
jentik – jentik nyamuk pada tempat – tempat air.
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung : antusias warga dalam membersihkan lingkungan
sehingga hanya beberapa rumah terdapat jentik – jentik nyamuk pada
penampungan air.
Faktor penghambat : kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan
tempat penampungan air.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Agar dilakukan pengurasan tempat – tempat air setiap tiga hari
sekali agar siklus hidup jentik – jentik nyamuk dapat terputus.
|
Tabel 4.32
NAMA : PANJI
KURNIAWAN
|
NIM : 09.1.03.03.0056
|
KEL / LOKASI : 19 / Dsn.
DOROK Ds. MANGGIS KEC. PUNCU
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Pengenalan Microsoft Office Word
|
Kelompok Sasaran
|
SD
|
Tujuan
|
Mengenalkan tentang dasar – dasar komputer dan pengenalan program
Microsoft Office Word
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-Fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Bimbingan Belajar
|
Bahan/Alat
|
Laptop
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 50.000,-
|
Jumlah Peserta
|
20 Anak
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa dapat mengetahui tentang dasar-dasar pengoperasian komputer
dan mampu mengoperasikan program Microsoft Word dengan baik.
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung: semangat siswa yang ingin belajar komputer
sangat besar sehingga memudahkan proses belajar.
Faktor Penghambat: kurangnya ketersediaan laptop sehingga sedikit
mengganggu proses belajar.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Jam belajar serta ketersediaan media pembelajaran komputer harus
ditmbah.
|
Tabel 4.33
NAMA : SYAIFUL
ANAM
|
NIM : 09.1.03.02.0485
|
KEL / LOKASI : 19 / POSKO
KKN
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Bimbingan belajar komputer
|
Kelompok Sasaran
|
SD dan SMP
|
Tujuan
|
Memberikan pengetahuan tentang komputer pada anak
|
Bentuk Kegiatan
|
Non - fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Bimbingan belajar
|
Bahan/Alat
|
Laptop, buku dan alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
Rp 50.000,00-
|
Jumlah Peserta
|
7
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa dapat mengoperasikan program Paint, microsoft office word
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor pendukung : sarana dan prasarana terpenuhi
Faktor penghambat: kekurangan laptop
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Harus sering dicoba dan jangan putus asa apabila mengalami
kesulitan
|
Tabel 4.34
NAMA :
Muhammad Wildan Fauzi
|
NIM :
09.1.02.01.0065
|
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu
|
BIDANG :
Pendidikan
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
Bimbingan belajar matematika
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa-siswi SD dan SMP
|
Tujuan
|
Membantu siswa mengatasi kesulitan dalam belajar
|
Bentuk Kegiatan
|
Non-fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Alat tulis
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 50.000,-
|
Jumlah Peserta
|
15 Peserta
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
Siswa-siswi mampu belajar dan dan mengerjakan LKS dengan benar
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Faktor Pendukung : Minat
yang besar dalam dari siswa untuk mengikuti bimbingan belajar.
Faktor Penghambat : Kurangnya fasilitas atau media pembelajaran.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Penambahan fasilitas menngajar.
|
Tabel 4.35
NAMA : YUVI
DWI NOVITA
|
NIM :
09.1.01.08.0296
|
KEL / LOKASI :19 / Dsn.
DOROK Ds. MANGGIS Kec. PUNCU
|
BIDANG :
PENDIDIKAN
|
Identitas Program
|
Diskripsi Kegiatan
|
No. & Nama Program
|
1. Bimbingan belajar bahasa inggris (speaking)
|
Kelompok Sasaran
|
Siswa-siswi SD dan SMP
|
Tujuan
|
Agar siswa-siswi dapat berbicara menggunakan bahasa inggris.
|
Bentuk Kegiatan
|
Non fisik
|
Sifat Kegiatan
|
Pendidikan
|
Bahan/Alat
|
Buku dan video edukasi.
|
Biaya Kegiatan
|
Rp. 50.000
|
Jumlah Peserta
|
15 peserta
|
Hasil-hasil yang dicapai
|
siswa-siswi lancar berbicara menggunakan bahasa inggris.
|
Faktor Pendukung & Penghambat
|
Kurangnya kelancaran siswa-siswi dalam pengucapan bahasa inggris.
|
Saran untuk kelanjutan program
|
Siswa-siswi giat berlatih berbicara menggunakan bahasa inggris.
|
|
|
C. Faktor
Pendukung Kegiatan
Adapun factor
pendukung kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Perangkat desa yang selalu mendukung,
memfasilitasi, dan memotivasi kegiatan;
2. sikap warga Dusun Dorok, Desa Manggis,
Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri yang baik dan ramah;
3. warga Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan
Puncu, Kabupaten Kediri yang antusias membantu dan mendukung setiap kegiatan yang diadakan oleh peserta KKN Universitas Nusantara PGRI
Kediri;
4. semua anak didik mulai TK, SD, dan
SMP, antusias mengikuti bimbingan
belajar;
5. teman-teman mahasiswa peserta KKN dan
khususnya semua anggota KKN kelompok 19 Universitas Nusantara PGRI Kediri yang selalu membantu terlaksananya
seluruh kegiatan.
D.
Faktor Penghambat Kegiatan
Adapun factor penghambat
kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Padatnya
aktivitas perangkat desa sehingga sulit untuk bertemu.
2. Cuaca
yang tidak menentu sehingga menghambat aktivitas kegiatan KKN.
BAB V
PENUTUP
A.
Simpulan
Dengan berakhirnya pelaksanaan program KKN Universitas
Nusantara PGRI Kediri pada tanggal 15 April 2013 di Dusun Dorok,
Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, dapat disimpulkan bahwa
seluruh program KKN dapat dilaksanakan hingga selesai, meskipun ada
hambatan-hambatan. Akan tetapi, seluruh program dapat berhasil terlaksana
dengan dukungan dan kerja sama dari teman mahasiswa KKN kelompok 19 serta warga
masyarakat dan perangkat desa.
Program KKN ini menjanjikan mahasiswa hidup lebih
mandiri dan lebih peka terhadap permasalahan masyarakat secara umum. Dengan ini, diharapkan terjadi relasi yang cukup kuat dengan semangat
pengabdian masyarakat yang tertuang dalam “Tri Dharma Perguruan Tinggi” .
Adanya
relasasi antara mahasiswa KKN dengan Masyarakat diharapkan terjadi perkembangan
pembangunan yang mengarah pada perbaikan. Bagi masyarakat, kedatangan mahasiswa
merupakan langkah maju bagi pembangunan desa, baik pembangunan fisik maupun
pembangunan non-fisik. Masyarakat akan memperoleh pemikiran-pemikiran yang maju
serta termotivasi membangun desanya sendiri. Selama melaksanakan kegiatan KKN ada beberapa hal
yang patut diketahui dari masyarakat Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan
Puncu, Kabupaten Kediri, antara lain :
1. Bidang pendidikan, berupa bimbingan
belajar dan praktik siswa-siswi TK, SD,dan SMP, berjalan
dengan baik sesuai dengan program, hal ini dapat dilihat dari antusias yang
cukup tinggi dari siswa-siswi yang ikut bimbingan belajar di posko KKN.
2. Bidang Non-Pendidikan, baik yang berupa
kegiatan fisik dan non-fisik juga dapat berjalan dengan baik bahkan mendapat
tanggapan yang positif dari masyarakat.
3. Kesadaran Masyarakat membantu kelancaran
kegiatan, terbukti dengan adanya kerjasama yang baik selama kegiatan.
B.
Saran
Dalam kesempatan yang baik ini, penulis ingin memberikan
beberapa saran yang sekiranya dapat berguna bagi program KKN yang akan datang,
antara lain untuk :
a.
Mahasiswa
1. Mahasiswa hendaknya mempersiapkan diri
lebih matang baik mental maupun spiritual dalam menjalankan KKN.
2. Hendaknya sebelum KKN mahasiswa membekali
diri dengan berbagai keterampilan untuk dikembangkan selam KKN.
3. Hendaknya mahasiswa mempunyai kesadaran
untuk saling bekerjasama dengan baik di lapangan.
b.
Panitia Pengelola KKN
1.
Di dalam kegiatan pembekalan KKN hendaknya panitia
memberikan sanksi yang tegas bagi mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan
pembekalan, mengingat akan pentingnya kegiatan tersebut supaya pada saat
kegiatan KKN berlangsung tidak menjadi benalu bagi teman yang lain.
2.
Panitia hendaknya memberikan alokasi waktu yang cukup
untuk penyampaian materi di dalam pembekalan, sehingga mahasiswa benar-benar
mempersiapkan bekal yang cukup untuk terjun ke masyarakat.
3.
Masalah tempat tinggal harus dikoordinir dengan baik
oleh panitia penyelenggara, supaya mahasiswa peserta KKN tidak dimanfaatkan
oleh pihak yang mempunyai rumah
4.
Penulis berharap, KKN yang akan datang lebih bagus dari
KKN ini serta panitia penyelenggara lebih siap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar