Jumat, 10 Mei 2013

BAB 1
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang
Perguruan tinggi merupakan bagian integral dari tata kehidupan bermasyarakat. Oleh karenanya berbagai permasalahan yang ada di masyarakat juga merupakan permasalahan bagi Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi sangat berkepentingan dan terpanggil untuk ikut serta mengupayakan pemecahan masalah-masalah yang ada dalam masyarakat tersebut, demi terwujudnya kemajuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Perguruan Tinggi dalam menjalankan fungsinya melalui Tri Darma, yakni : 1) Pendidikan dan Pengajaran, 2) Penelitian, 3) Pengabdian pada masyarakat. Melalui Darma ketiga khususnya, Perguruan Tinggi akan mengambil langkah-langkah untuk ikut serta memecahkan masalah-masalah di masyarakat sebagaimana dimaksud. Oleh karenanya, untuk mengaplikasikan fungsi atau melaksanakan Darma ketiga dimaksud, Perguruan Tinggi antara lain menylenggarakan program kegiatan bagi mahasiswa yang dikenal dengan istilah “Kuliah Kerja Nyata” (KKN) yang didalamnya secara simultan terkait pula unsur Darma lainnya (Pendidikan dan Penelitian).
Selanjutnya melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, Perguruan Tinggi dan khususnya mahasiswa dapat mengabdikan diri kepada masyarakat sehingga dengan terjunnya mahasiswa ke masyarakat, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan nyata di masyarakat, serta mampu memberikan kontribusi positif pada masyarakat dalam upaya melaksanakan pembangunan. Disamping itu memberikan kemungkinan bagi mahasiswa itu sendiri dalam upaya meningkatkan keluasan wawasan dan pengalamannya melalui aktivitas pengabdian kepada masyarakat.
Harapan-harapan diatas, kiranya sangat dimungkinkan dapat diwujudkan, karena melalui program KKN, yang pasti akan mengkondisikan mahsiswa untuk berhadapan secara langsung dengan berbagai masalah yang terdapat dalam masyarakat, dan sekaligus menuntut mahasiswa untuk mencoba melakukan identifikasi masalah yang ada dan menyusun strategi bagi upaya pemecahannya (analisis), hingga pada akhirnya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya. Dengan demikian berdasarkan pemikiran diatas, kiranya program KKN penting untuk dilaksanakan.

B.           Pengertian Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu program kegiatan belajar yang dilaksanakan di lapangan oleh mahasiswa program pendidikan Sarjana Strata Satu (1) sebagai upaya mengaplikasikan kemampuan teori dengan praktek ditengah-tengah kehidupan masyarakat, yang erat dengan permasalahan. Sesuai dengan tujuan Perguruan Tinggi yang berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 155/ UU/ 1998, yang berbunyi:
1.        Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesionalitas yang dapat menerapkan teknologi dan kesenian.
2.        Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta mengupayakan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Dalam kegiatannya diharapkan dapat melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Disamping itu dalam kehidupan nyata masyarakat, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu dan kemampuannya serta mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.





C.          Fungsi dan Tujuan KKN
1.    Fungsi
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu program yang diberlakukan wajib bagi mahasiswa, karena fungsi yang penting antara lain:
a)     untuk membina kedekatan hubungan antara lembaga Pendidikan Tinggi dengan masyarakat;
b)    untuk memacu aktifitas masyarakat dalam pembangunan (Peningkatan SDM);
c)     dapat memanfaatkan lingkupan sebagai sumber belajar.
2.    Tujuan
Berdasarkan fungsi program KKN sebagaimana dipaparkan diatas, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam aplikasinya dimaksudkan untuk mencapai tujuan sebagai berikut.
a)      Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif masyarakat
b)      Meningkatkan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia
c)      Meningkatkan Upaya-upaya untuk menegntaskan kemiskinan
d)     Meningkatkan motivasi anggota masyarakat dalam pembangunan diri dan masyarakat diberbagai bidang.
e)      Meningkatkan kesadaran akan arti pentingnya Pendidikan pada umumnya dan pendidikan Tinggi khususnya bagi masyarakat dalam menunjang program pengentasan kemiskinan dan pembinaan kualitas SDM
f)       Memberikan pengalaman kepada para mahasiswa menegnai realita kehidupan masyarakat yang sarat dengan segala kompleksitas masalahnya.
g)      Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mencari dan menemukan informasi / data, serta mengidentifikasi masalah-masalah pokok dan penting, untuk kemudian merumuskan masalah dan memecahkannya melalui pendekatan ilmia
D.          Peranan KKN dalam Pembangunan
Penduduk Indonesia sebagian besar bertempat tinggal di pedesaan.Agar dapat hidup sejahtera, masyarakat pedesaan harus membangun.Pembangunan yang dimaksud adalah pembangunan fisik dan pembagunan non-fisik.Pembangunan fisik misalnya pembangunan dan perbaikan jalan, tempat pendidikan, tempat ibadah, kamar mandi dan WC dan sebagainya. Pembangunan non-fisik misalkan peningkatan keimanan, peningkatan kesehatan, penigkatan kualitas pendidikan dan sebaginya.
Dalam melakukan pembangunan fisik dan non-fisik, penduduk pedesaan tidak lepas dari masalah. Permasalahan yang dihadapi sangat kompleks, dengan adanya KKN diharapkan permasalahan yang dihadapi masyarakat pedesaan dapat teratasi.
Dalam hal inilah peran KKN dalam pembangunan masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat pedesaan pada khususnya. Kuliah Kerja Nyata(KKN) berperan dalam pembangunan sebagai motivator dan dinamisator masyarakat.




BAB II
PENGENALAN LOKASI KULIAH KERJA NYATA  ( KKN )

A.      Tujuan Survei
Pengenalan lokasi KKNatau yang biasa dikenal dengan istilah “ survei” dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang desa atau lokasi KKN yang selanjutnya digunakan untuk mengidentifikasikan masalah pokok, baikyang berskala besar sedang maupun kecil, yang mungkin nantinya dapat diangkat menjadi program kegiatan KKN sebagai program kelompok maupun program individu. Selain itu pula survei juga bertujuan untuk mendapatkan kejelasan tentang sebab timbulnya permasalahan sehingga dapat digunakan untuk menetapkan sikap atau langkah apa yang akan dan harus diambil dalam penyusunan program kegiatan.

B.       Waktu dan Pelaksanaan Survei
Survey dilaksanakan pada hari Senin 26 Maret 2013 mulai pukul 08.00 -14.00 WIB.

C.      Strategi dan Metode Survei
Kegiatan survey yang dilakukan dalam rangka menghimpun informasi atau data yang dilaksanaan di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri yang diikuti oleh seluruh peserta Kuliah Kerja Nyata yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Pendidikan-Ekonomi-Teknik Universitas nusantara PGRI Kediri. Kelopok kami terdiri dari 24 orang yang kemudian melakukan survei dengan menggunakan teknik atau metode sebagai berikut

1.        Observasi
Dengan cara mengamati secara langsung dan melakukan pencatatan berbagi aspek yang ada di lokasi KKN yang dianggap penting atau dibutuhkan dalam penyusunan program kegiatan KKN

2.        Interview
Dengan melakukan tanya jawab, dialog dan wawancara dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat untuk menggali sebanyak-banyaknya data atau informasi tentang wilayah KKN di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.

3.        Studi Dokumentasi
Dengan melakukan pencatatan terhadap data atau  informasi yang telah ada pada kantor desa dan lembaga atau instansi setempat lainnya

D. Hasil Survei
Dari hasil survey yang telah kami lakukan, diperoleh data keadaan Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri sebagai berikut:
1.    Bidang Pemerintahan
a.       Luas Wilayah Desa                            
1)   Luas Pemukiman                            : 622 ha
2)   Luas Persawahan                            : 164 ha
3)   Luas Sawah                                   
a)      Sawah irigasi teknis               : 48,140 ha
b)      Sawah irigasi ½ teknis           : 40,500 ha
4)   Luas Tegal                                      : 3 ha
5)   Rekreasi dan olahraga
Lapangan sepak bola                :            1 ha
6)   Luas Kuburan                                 : 0,50 ha
b.    Batas Wilayah Aparatur Pemerintah Desa :
1)   Sebelah Utara           : Desa Gadungan
2)   Sebelah Selatan        : Desa Trisulo
3)   Sebelah Barat           : Desa Gadungan
4)   Sebelah Timur          : Desa Wonorejo

c.    Jumlah Wilayah Bawahan
1)   Dusun   : 5 wilayah
2)   RT        : 46 wilayah
3)   RW       : 11 wilayah
d.   Kondisi Geografis :
1)   Ketinggian tanah dari permukaan laut        : 60 meter
2)   Curah hujan rata – rata Per tahun               : 22 Mm/th       
e.    Keadaan Topografi
1)   Desa dataran rendah                                   : 64,260 ha
1.    Jumlah Tempat Pelayanan Masyarakat :   
a.    Tempat Ibadah :
1)   Masjid                     : 1 buah
2)   Musholla                 : 5 buah
3)   Gereja                     : 2 buah
b.      Pelayanan Pendidikan :
1)      TK                    : 3 buah
2)      SD/ sederajat    : 3 buah
3)      SMP                  : 1 buah
c.       Sarana Olahraga, Kesenian, Kebudayaan dan Sosial :
1)      Sarana Olah raga                 :   
a)    Lapangan                            : 1 buah
b)   Gedung Kesenian               : 1 buah
2.  Kependudukan :
     a.  Jumlah penduduk 6.939 jiwa
1)   Jenis Kelamin :
a)  Laki- Laki                      : 3.444 orang
b)  Perempuan                    : 3.495 orang



E.     Permasalahan – Permasalahan Pokok
Setiap desa mempunyai permasalahan yang berbeda-beda. Hal ini di pengaruhi oleh kondisi geografis masing-masing desa, termasuk di dalamnya Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri Dengan mengetahui demografi dan potensi yang ada di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri secara garis besar adalah sebagai berikut :
1.    Masalah Non Fisik
Masalah non fisik yang kami temukan dari hasil survey kami meliputi sebagai berikut:
a.    Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan;
b.    kurangnya kesadaran masyarakat akan pembelajaran membaca al-qur’an yang benar;
c.    belum optimal dan terorganisirnya Karang Taruna atau kegiatan pemuda desa.
2.    Masalah Fisik :
Masalah fisik yang kami temukan dari hasil survey kami meliputi sebagai berikut:
a.    Belum adanya papan nama lapangan di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri;
b.    minimnya keberadaan net dan bola volli di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri;
c.    belum adanya papan informasi di masjid Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri;
d.   minimnya keberadaan Al- Qur’an dan Iqro’ di masjid dan mushola Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri;
e.    minimnya keberadaan sarana (papan tulis) di mushola Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.


BAB III
PENYUSUNAN PROGRAM KULIAH KERJA NYATA

A.          Dasar Penyusunan Program
Sebelum mahasiswa terjun langsung ke lokasi KKN, mahasiswa wajib memiliki program kegiatan individu yang akan dilaksanakan dilokasi KKN. Usulan program individu tersebut adalah acuan kegiatan yang harus dilaksanakan mahasiswa di lokasi KKN selain kegiatan kelompok.
Tentu saja dalam penyusunan program individu harus melalui beberapa prosedur penyususnan program antara lain yaitu mahasiswa wajib mengikuti kegiatan survey ke lokasi yang akan digunakan untuk KKN. Disana mahasiswa akan menghimpun informasi dan mengidentifikasi beberapa masalah yang ada di lokasi KKN. Setelah mahasiswa melaksanakan survey ke lokasi KKN, mahasiswa membuat dan menyusun usulan program individu yang tentu saja disesuaikan dengan kondisi yang ada di lokasi KKN. Kemudian usulan program individu tersebut dikonsultasikan dengan pembimbing untuk memperoleh saran, pertimbangan, dan persetujuan dari pembimbing.
Namun sebelum mahasiswa menyusun usulan program individu tersebut harus mempertimbangkan beberapa aspek, antara lain masalah-masalah yang terdapat di lokasi KKN. Tingkat urgensi dan manfaat program, kemampuan mahasiswa dan kemanfaatan masyarakat.

B.           Usulan Program Kelompok
Tabel 3.1
Matrik Usulan Program Kelompok
NO.
TANGGAL
KEGIATAN
TEMPAT
PENANGGUNG JAWAB
1.
Pagi hari (tanggal 5, 12 April)
Jum’at bersih
Masjid dan mushola
M.Wildan Fauzi (CO)
Syaiful Anam
Demianto
M.Budi Santoso
2.
Malam hari (4, 11 April)
Mengikuti kegiatan yasinan dan tahlilan
Rumah warga
3.
Sore hari (tanggal 6, 8, 9, 10, 12 April)
Membantu mengajar di TPA
Mushola An- Nur Dusun Dorok
4.
Sore hari (tanggal 14 April)
Penyerahan Al-Qur’an dan Iqro’
Masjid, mushola dan TPA
5.
Pagi hari (tanggal 7,11 April)
Mengikuti tahziah
Pemakaman
6.
Siang hari (tanggal 3, 4, 5, 9, 10, 11 April)
Bimbingan belajar
Posko kelompok 19

Irma Nur Hanik (CO)
Erika Lutfatun
Yufi Dwi Novita

7.
Siang hari (tanggal 7, 14 April)
Bimbingan kesenian menari
Posko kelompok 19

8.
Malam hari (tanggal 5, 9, 13 April)
Bimbingan belajar buta huruf Manula
Rumah Bu Kasun
9.
Malam hari (tanggal 6, 13 April)
Nonton bareng film edukasi
Posko kelompok 19
10.
Pagi hari (tanggal 3, 4, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 13 April)
Kerja bakti
Lingkungan
Lilis Setyani (CO)
Ninik Dwi L
M Fendi Santoso

11.
Malam hari (tanggal 11 April)
Program penyuluhan Anti Narkoba

12.
Pagi hari (tanggal 12 April)
Mengikuti kegiatan Posyandu
Rumah Bu Kasun
13.
Pagi hari (tanggal 14 April)
Penyerahan bibit duren kepada Perangkat Desa
Rumah Bu Kasun
14.
Malam hari (tanggal 5, 9, 13 April)
Sosialisasi terapi kesehatan
Rumah Bu Kasun
15.
Pagi hari (tanggal 12 April)
Penyuluhan jentik-jentik nyamuk
Rumah warga
16.
Malam hari (tanggal 10 April)
Demo masak
Rumah warga
Navita Maharani (CO)
Leli Fitri
Eka Finda

17.
Pagi hari (tanggal 7 April)
Pertandingan Bola Voli persahabatan
Lapangan desa
Datu Yanuar (CO)
Agung Efendi
M. Usman
18.
Pagi hari (tanggal 13 April)
Penyerahan net dan bola voli
Rumah Kepala Desa

19.
Pagi hari (tanggal 8 April)
Jejak desa
Lingkungan desa
Angga Zudi (CO)
Lucki Nalaseta
Panji Kurniawan
Deri Suhardi
20.
Siang hari (tanggal 10, 12, 13 April)
Kunjungan tempat-tempat bersejerah
Hutan Simpanan, Candi Dorok dan Batu Gajah
21.
Sore hari (tanggal 7 April)
Pemasangan papan nama lapangan
Lapangan desa
22.
Pagi hari (tanggal 4 April)
Mengikuti pelatihan ternak ayam broiler (petelur)
Pemilik peternakan ayam broiler (Bapak Anton)
Hasan Azhari (CO)
David Aprilia
M.Machrus Ali

23.
Pagi hari (tanggal 10 April)
Mengikuti pelatihan peternakan babi
Pemilik peternakan babi (Bapak Yono)
                                                              


                                                  




















BAB IV
LAPORAN KEGIATAN

Sebelum mahasiswa berangkat menjalankan kegiatan KKN, mahasiswa memiliki pegangan program kegiatan yang akan dilaksanakan di lokasi KKN, yaitu usulan program yang telah disetujui oleh pembimbing. Setelah mahasiswa berada di lokasi KKN mahasiswa wajib melaksanakan usulan program tersebut sesuai dengan kondisi dilokasi KKN.
A.      LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN KELOMPOK
Adapun kegiatan kelompok yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut:
Tabel 4.1
Bidang : keagamaan
Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
Nama Program
1. Belajar baca tulis Al Qur’an dan kitab
Kelompok Sasaran
Anak usia SD sampai dengan SMP
Tujuan
Meningkaatkan pengetahuan tentang agama
Bentuk Kegiatan
Fisik & Non-fisik
Sifat Kegiatan
Keagamaan
Bahan/Alat
Papan tulis, kapur tulis, iqro, kitab”, Al Qur’an.
Biaya Kegiatan
Rp 350.000,00
Jumlah Peserta
60
Hasil-hasil yang dicapai
Santri dapat mempelajari Al Qur’an dan kitab dengan baik dan benar.
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung   : sarana dan prasarana mendukung
Faktor Penghambat : banyaknya santri tidak seimbang dengan jumlah pengajar
Saran untuk kelanjutan program
Jumlah pengajar harus ditambah agar proses belajar menjadi lebih kondusif.

Tabel 4.2
Bidang       : Kepemudaan
Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Renovasi lapangan volly ds Manggis dsn Dorok KEC. PUNCU
2. Mengadakan Pertandingan Persahabatan antara Srikandi (ds MANGGIS vs ds ASMOROBANGUN)
Kelompok Sasaran
Pemuda-Pemudi
Tujuan
Meningkatkan persahabatan antar desa
Bentuk Kegiatan
Fisik & Non-fisik
Sifat Kegiatan
Olahraga & Sosial
Bahan/Alat
Cat, kuas, bola volly dan net (jaring)
Biaya Kegiatan
Rp 275.000,-
Jumlah Peserta
40
Hasil-hasil yang dicapai
Kerukunan antar desa ataupun club jadi lebih harmonis dan saling erat persahabatannya
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung   : sarana dan prasarana mendukung
Faktor Penghambat : kotornya lapangan bola volly yang akan digunakan untuk pertandingan persahabatan
Saran untuk kelanjutan program
Harus sering diadakan pertandingan persahabatan atau kompetisi antar desa


Tabel 4.3
Bidang       : Kewanitaan
              
Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
Nama Program
Demo memasak kue brownis kukus
Kelompok Sasaran
Ibu-ibu PKK lingkungan Dsn. Dorok
Tujuan
Menambah wawasan tentang memasak
Bentuk Kegiatan
Non Fisik
Sifat Kegiatan
Kewanitaan
Bahan/Alat
Bahan –bahan kue, kompor, dandang, alat pengukus
Biaya Kegiatan
Rp 150.000,00
Jumlah Peserta
30 orang
Hasil-hasil yang dicapai
Menambah kreatifitas ibu-ibu dalam hal memasak khususnya membuat kue
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung   : sarana dan prasarana mendukung
Faktor Penghambat : kurangnya antusias ibu-ibu dalam belajar membuat kue
Saran untuk kelanjutan program
Lebih ditingkatkan kreatifitas dalam demo memasak

Tabel 4.4                                                          
Bidang       : Pendidikan
                                                                                
Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
Nama Program
1. Bimbingan Belajar
Kelompok Sasaran
Siswa SD dan SMP
Tujuan
Membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran di sekolah
Bentuk Kegiatan
Non Fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Buku dan alat tulis
Biaya Kegiatan
Rp 6.300,00
Jumlah Peserta
30 orang
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa dapat mengerjakan soal-soal pelajaran dengan lebih baik dan terbimbing
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung: tingginya antusias siswa dalam belajar karena jarang adanya lembaga bimbingan belajar yang kompeten
Faktor penghambat: ruangan yang tidak terlalu luas sehingga membutuhkan waktu lebih lama karena ada 2 gelombang
Saran untuk kelanjutan program
Dukungan dari orang tua dan guru dalam membimbing dan mengajar dengan lebih terprogram


Tabel 4.5
Bidang : pendidikan
Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
Nama Program
2. Menonton film edukasi
Kelompok Sasaran
Siswa SD dan SMP
Tujuan
Membanbah pengetahuan siswa dalam belajar diluar materi pelajaran
Bentuk Kegiatan
Non Fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Laptop dan LCD
Biaya Kegiatan
Rp 70.000,00
Jumlah Peserta
30 orang
Hasil-hasil yang dicapai
Mengurangi kejenuhan dan menambah wawasan dengan melihat film edukasi
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung: sarana dan prasarana yang mendukung
Faktor penghambat: kurang ada film edukasi yang terbaru
Saran untuk kelanjutan program
Tetap tekun belajar meskipun diluar jam dan materi pelajaran

Tabel 4.6
Bidang : pendidikan
Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
Nama Program
3. Bimbingan Buta Huruf Manula
Kelompok Sasaran
Warga Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu
Tujuan
Mengajarka cara menulis dan membaca tulisan dasar atau tulisan penting yang sering warga jumpai
Bentuk Kegiatan
Non Fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Papan, alfabet balok, buku dan alat tulis
Biaya Kegiatan
RP 0,00
Jumlah Peserta
40 orang
Hasil-hasil yang dicapai
Warga dapat menulis dan membaca
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung: tingginya antusias para perangkat desa dan pemerintah untuk mengadakan bimbingan untuk buta aksara
Faktor penghambat: pengambilan waktu yang kurang tepat dan kurang lama untuk bimbingan dikarenakan waktu bekerja warga yang tidak sama
Saran untuk kelanjutan program
Terus dijalankan untuk mengurangi kebodohan pada warga khususnya manula

Tabel 4.7
Bidang       : Sosial

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Jejak Desa
2. Sosialisasi Kebersihan Pada Anak Usia Dini
Kelompok Sasaran
Anak-anak
Tujuan
Agar anak memahami tentang pentingnya menjaga kebersihan
Bentuk Kegiatan
Fisik & Non Fisik
Sifat Kegiatan
Sosial
Bahan/Alat
Alat-alat kebersihan
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
20
Hasil-hasil yang dicapai
Anak mampu memahami arti pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar.
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung: Antusias anak dengan program ini sangat tinggi.
Faktor Penghambat: Minimnya alat kebersihan menjadi kendala dalam program ini.
Saran untuk kelanjutan program
Kegiatan ini harus terus diterapkan dan diajarkan pada anak agar kelak anak menjadi pribadi yang mampu menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Tabel 4.8
Bidang       : Usaha

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Berternak Bibit Ayam Petelur
Kelompok Sasaran
Umum
Tujuan
Menummbuhkan semangat berwirausaha
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Usaha
Bahan/Alat
Pakan ayam dan peralatannya
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
9
Hasil-hasil yang dicapai
Mengerti tata cara berternak ayam yang baik dan benar
Faktor Pendukung & Penghambat
-          Pendukung: Semua alat tersedia dengan lengkap
-          Penghambat: Biaya perawatan dan pakan yang mahal
Saran untuk kelanjutan program
Kaeseriusan dalam berternak ayam sangat di perlukan demi kelanjutan program.
Tabel 4.9
Bidang       : Kesehatan
Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Sosialisasi terapi kesehatan
Kelompok Sasaran
Warga
Tujuan
Agar warga memahami cara terapi kesehatan yang benar
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Kesehatan
Bahan/Alat
Tikar, alas duduk (kursi)
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
20
Hasil-hasil yang dicapai
Warga mengetahui dan memahami cara terapi kesehatan
Faktor Pendukung & Penghambat
-          Pendukung: Warga berantusias tinggi dalam mengikuti sosialisasi
-          Penghambat: Daya ingat warga yang lemah membuat lupa cara terapi
Saran untuk
kelanjutan program
Keseriusan warga dalam mengikuti program terapi kesehatan akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan


Tabel 4.10
Bidang : kesehatan
No. & Nama Program
2. Penyuluhan jentik-jentik nyamuk
Kelompok Sasaran
Warga
Tujuan
Agar warga terhindar dari penyakit demam berdarah
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Kesehatan
Bahan/Alat
Alat penerangan (senter), buku, bolpoint
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
50 Kepala Keluarga
Hasil-hasil yang dicapai
Warga terhindar dari penyakit demam berdarah
Faktor Pendukung & Penghambat
-          Pendukung: Warga berantusias tinggi dalam menjaga kebersihan tempat penampungan air
-          Penghambat: Jumlah penampungan air terlalu besar sehingga menimbulkan rasa malas untuk membersihkan
Saran untuk kelanjutan program
Keseriusan warga dalam menjaga kebersihan penampungan air akan menghindari dari penyakit demam berdarah
Tabel 4.11
Bisang : kesehatan                                                                                               
No. & Nama Program
3.Program Posyandu
Kelompok Sasaran
Anak-anak
Tujuan
Mengetahui tingkat pertumbuhan (berat badan ) anak
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Kesehatan
Bahan/Alat
Buku, bolpoit, alat pengukur berat badan (timbangan)
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
30
Hasil-hasil yang dicapai
Pertumbuhan anak relative meningkat           
Faktor Pendukung & Penghambat
-          Pendukung: Warga berantusias datang ke posyandu untuk  mengetahui tingkat pertumbuhan anaknyag
-          Penghambat: Warga terkendala waktu ketika pelaksanaan program posyandu
Saran untuk kelanjutan program
Keseriusan warga dalam menjaga kebersihan penampungan air akan menghindari dari penyakit demam berdarah
                       
B. LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN INDIVIDU

Adapun kegiatan individu yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut:
Tabel 4.12
NAMA              : AGUNG EFENDI
NIM                   : 09.1.01.09.0029
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu
BIDANG           : Olahraga

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
Melatih teknik dasar sepak bola ( passing dan control bola )
Kelompok Sasaran
Anak-anak Dsn. Dorok
Tujuan
Agar dapat mengetahui tekhnik dasar sepak bola
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Melatih
Bahan/Alat
Bola dan lapangan
Biaya Kegiatan
Rp. 50.000
Jumlah Peserta
15 anak
Hasil-hasil yang dicapai
Anak-anak mampu melaksanakan pasing dan control bola dengan baik
Faktor Pendukung & Penghambat
Setiap anak banyak yg belum memiliki sepatu olahraga
Saran untuk kelanjutan program
Diadakan latihan rutin seminggu 2 kali

Tabel 4.13

NAMA              : ANGGA ZUDI SUSANTO
NIM                   : 09.1.03.02.0071
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS Kec. PUNCU
BIDANG           : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Pengenalan Internet yang sehat dan benar pada anak
Kelompok Sasaran
Siswa-siswi SD dan SMP
Tujuan
Agar siswa-siswi dapat mengenal dunia tekhnologi dengan benar dan memiliki pengetahuan tentang dunia luar melalui media internet.
Bentuk Kegiatan
Non fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Notebook, USB Modem dan video edukasi.
Biaya Kegiatan
Rp. 50.000
Jumlah Peserta
15 peserta
Hasil-hasil yang dicapai
siswa-siswi mampu memahami dan mempraktekkan cara berinternet yang baik dan sehat.
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung : Siswa sangat antusias terhadap bidang baru khususnya teknologi informasi yang kian maju.
Faktor Penghambat : Kurangnya media Komputer sehingga waktu terasa tidak efisien karena harus bergantian dengan sisawa-siswi yang lain.
Saran untuk kelanjutan program
Diharapkan adanya Media Komputer yang cukup sehingga menunjang kegiatan bimbingan belajar tentang dunia Komputerisasi.

Tabel 4.14

NAMA              : Muhammad Budi Santoso
NIM                   : 09.1.01.09.0546
KEL / LOKASI : 19/Ds. Manggis
BIDANG           : Kepemudaan

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
Perawatan dan renovasi sarana dan prasarana olahraga di desa Manggis
Kelompok Sasaran
Umum
Tujuan
Agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga sarana dan prasarana guna menunjang olahraga di desa manggis
Bentuk Kegiatan
Fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Sapu, tempat sampah, cat, kuas
Biaya Kegiatan
Rp. 150.000
Jumlah Peserta
10
Hasil-hasil yang dicapai
Masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga sarana dan prasarana olahraga sehingga kesadaran olahraga masyarakat meningkat
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung : lapangan sudah tersedia
Faktor penghambat : mangajak masyarakat untuk berpartisipasi
Saran untuk kelanjutan program
Lebih aktif menjaga sarana dan prasarana olahraga agar dapat digunakan untuk jangka panjang

Tabel 4.15
NAMA               : Datu Yanuar Sabillasong
NIM                    : 09.1.01.01.0043
KEL / LOKASI  : 19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS KEC. PUNCU
BIDANG            : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. LBB
Kelompok Sasaran
Siswa-siswi SD
Tujuan
Mengatasi kesulitan dalam belajar
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Bimbingan belajar
Bahan/Alat
Alat tulis
Biaya Kegiatan
Rp. 50.000,-
Jumlah Peserta
20 Peserta
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa-siswi mampu belajar dan mengerjakan LKS dengan benar
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung   : Minat yang besar dalam diri sendiri untuk mengikuti LBB
Faktor Penghambat : Kurangnya minat dari peserta lain karena kebanyakan para peserta sudah mengikuti LBB di luar
Saran untuk kelanjutan program
Jam mengajar harusnya ditambah

Tabel 4.16

NAMA              :DAVID APRILIAN
NIM                   :09.1.03.01.0011
KEL / LOKASI :19/ Masyarakat sekitar posko
BIDANG           : Sosial

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Penyuluhan perawatan motor sehari-hari
Kelompok Sasaran
Masyarakat Dusun Dorok
Tujuan
Supaya motor lebih nyaman dikendarai sehari-hari
Bentuk Kegiatan
Non Fisik
Sifat Kegiatan
Sosial
Bahan/Alat
Brosur, Buku panduan
Biaya Kegiatan
Rp 50.000,00-
Jumlah Peserta
20 Orang
Hasil-hasil yang dicapai
Memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang cara merawat motor.
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung: Teman-teman kelompok 19
Faktor Penghambat: Kurangnya fasilitas, alat yang memadai.
Saran untuk kelanjutan program
Mematuhi tata tertib lalulintas dan berkendara sesuai dengan buku panduan.

Tabel 4.17

NAMA               :DERI SUHARDI
NIM                    :09.1.01.05.0061
KEL / LOKASI  : 19/ Desa Manggis 1
BIDANG            : Pendidikan

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Bimbingan belajar
Kelompok Sasaran
Siswa SD-SMP
Tujuan
Meningkatkan mutu belajar siswa
Bentuk Kegiatan
Non Fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Buku, Lks, dan Alat tulis
Biaya Kegiatan
Rp 50.000,00-
Jumlah Peserta
15 Orang
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa dapat menyelesaikan tugas dari guru mata pelajaran
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung: Tersedianya tempat yang memadai.
Faktor Penghambat: kurangnya niat belajar siswa.
Saran untuk kelanjutan program
Lebih tingkatkan prestasi belajar

Tabel 4.18

NAMA              : DHEMIANTO ARI WIBOWO
NIM                   : 09.1.01.07.0040
KEL / LOKASI : RUMAH PAK KASUN
BIDANG           : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Belajar membaca dan menulis (buta aksara)
Kelompok Sasaran
Bapak/ibu rumah tangga
Tujuan
Memberantas buta aksara di kalangan masyarakat
Bentuk Kegiatan
Non Fisik
Sifat Kegiatan
Bimbingan Belajar
Bahan/Alat
Buku, papan tulis, sepidol
Biaya Kegiatan
100.000,00-
Jumlah Peserta
10 peserta
Hasil-hasil yang dicapai
Mampu membaca dan menulis
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung: Sarana dan prasarana yang memenuhi.
Faktor Penghambat: kelelahan karena pekerjaan yang berat menjadi hambatan bagi masyarakat untuk datang belajar membaca dan menulis..
Saran untuk kelanjutan program
Terus belajar membaca dan menulis.





Tabel 4.19

NAMA              :EKA VINDA YUSWANTORO
NIM                   : 09.1.01.09.0197
KEL / LOKASI :19/ DESA MANGGIS 1
BIDANG           :KEPEMUDAAN


Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Membenahi sarana prasarana olahraga.
Kelompok Sasaran
Pemuda
Tujuan
Meningkatkan kegiatan dalam bidang olahraga
Bentuk Kegiatan
Fisik
Sifat Kegiatan
Sosial
Bahan/Alat
Alat pemotong rumput, cat, kuas, sapu
Biaya Kegiatan
Rp. 100.000,00-
Jumlah Peserta
10 Orang
Hasil-hasil yang dicapai
Meningkatkan semangat masyarakat dalam hal olahraga
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung: Dukungan dari masyarakat
Faktor Penghambat: Cuaca yang tidak menentu, sehingga kegiatan tidak berjalan dengan lancar.
Saran untuk kelanjutan program
Kembangkan terus bakat olahraga dalam diri anda.


Tabel 4.20

NAMA              : ERYKA LUTFATUN NASIHA
NIM                   : 09.1.01.05.0095
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu
BIDANG           : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Bimbingan Belajar
Kelompok Sasaran
Siswa SD dan SMP
Tujuan
Meningkatkan pemahaman siswa pada materi pelajaran khususnya mata pelajaran matematika
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Buku dan alat tulis
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
20 siswa
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa dapat mengerjakan soal-soal pelajaran dengan lebih baik dan terbimbing
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung: tingginya antusias siswa dalam belajar karena jarang adanya lembaga bimbingan belajar yang kompeten
Faktor penghambat: ruangan yang tidak terlalu luas sehingga membutuhkan waktu lebih lama karena ada 2 gelombang
Saran untuk kelanjutan program
Dibentuknya LBB yang memilikikompetensi yang tinggi dan pembelajaran yang terprogram dengan baik karena para siswa memiliki minat yang sangat besar di sini

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
2. Bimbingan Buta Aksara pada manula
Kelompok Sasaran
Para warga buta aksara
Tujuan
Mengajarka cara menulis dan membaca tulisan dasar atau tulisan penting yang sering warga jumpai
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Papan, huruf balok, buku, dan alat tulis
Biaya Kegiatan
Rp 0,00
Jumlah Peserta
40 warga
Hasil-hasil yang dicapai
Warga dapat membaca dan menulis
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung: tingginya antusias para perangkat desa dan pemerintah untuk mengadakan bimbingan untuk buta aksara
Faktor penghambat: pengambilan waktu yang kurang tepat dan kurang lama untuk bimbingan dikarenakan waktu bekerja warga yang tidak sama
Saran untuk kelanjutan program
Terus dijalankan untuk mengurangi kebodohan pada warga khususnya manula


Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
3. Posyandu
Kelompok Sasaran
Balita
Tujuan
Meningkatkan imunitas dini pada balita
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Kesehatan
Bahan/Alat
Buku dan alat tulis
Biaya Kegiatan
Rp 20.000,-
Jumlah Peserta
30 siswa
Hasil-hasil yang dicapai
Kekebalan balita pada penyakit tertentu karena adanya imunisasi, penimbangan BB setiap bulan, dan vitamin bulan Februari dan September
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung: tempat yang memadahi dan ketepatan waktu pelaksanaan setiap bulan
Faktor penghambat: kurangnya antusias para ibu balita untuk rutin dan datang setiap bulan
Saran untuk kelanjutan program
Program dapat dilaksanakan dengan rutin dan jika perlu di adakan peninjauan pada warga yang memiliki balita namun janrang datang ke posyandu
Tabel 4.21

NAMA               : HASAN ASHARI
NIM                    : 09.1.01.08.0103
KEL / LOKASI  : 19 / DSN. DOROK SD. MANGGIS KEC. PUNCU
BIDANG            : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Belajar Bahasa Inggris Bareng
Kelompok Sasaran
SD-SMP
Tujuan
Agar siswadapatmeningkatkankemapuanmenulisdan berbicara dengantataBahasaInggris yang baik danbenar.
Bentuk Kegiatan
Non-Fisik
Sifat Kegiatan
Bimbingan Belajar
Bahan/Alat
Kamus, BukuPanduan
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
10anak
Hasil-hasil yang dicapai
Siswadapatmenyusunatau merangkai dan mengucapkan kalimatdalamBahasaInggrisdenganbaikdanbenar
Faktor Pendukung & Penghambat
-          Pendukung: Semangat yang tinggi dari para siswa untuk melaksanakan bimbingan.
-          Penghambat: Siswa masih malu untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris, Kurangnya sarana pendukung seperti papan tulis, dll.
Saran untuk kelanjutan program
Sarana pembelajaran yang lebih memadai sangat di perlukan untuk kelanjutan program.


Tabel 4.22
NAMA              :IRMA NUR HANIK
NIM                   : 09.1.01.01.0142
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS KEC. PUNCU
BIDANG           : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. LBB
Kelompok Sasaran
Siswa-siswi SD
Tujuan
Mengatasi kesulitan dalam belajar
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Bimbingan belajar
Bahan/Alat
Alat tulis
Biaya Kegiatan
Rp. 50.000,-
Jumlah Peserta
20 Peserta
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa-siswi mampu belajar dan mengerjakan LKS dengan benar
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung   : Minat yang besar dalam diri sendiri untuk mengikuti LBB
Faktor Penghambat : Kurangnya minat dari peserta lain karena kebanyakan para peserta sudah mengikuti LBB di luar
Saran untuk kelanjutan program
Jam mengajar harusnya ditambah





Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
2. Nonton Bersama
Kelompok Sasaran
Siswa SD dan SMP
Tujuan
Memberikan wawasan dan motifasi.
Bentuk Kegiatan
Non Fisik
Sifat Kegiatan
Bimbingan Kelompok
Bahan/Alat
Leptop, Proyektor dan sounsistem.
Biaya Kegiatan
Rp. 35.000,-
Jumlah Peserta
30 anak
Hasil-hasil yang dicapai
Peserta mendapatkan pengalaman dan motifasi untuk menjadi lebih baik lagi dari menonton flim
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung: tersedianya banyak flim motivasi dan minat peserta dalam mengikuti kegiatan nonton bersama.
Hambatan: kendala cuaca yang menyebabkan tidak semua peserta dapat hadir untuk nonton bareng.
Saran untuk kelanjutan program
Ditambahnya jam menonton dan diadakan evaluasi setelah menonton bareng.


Tabel 4.23

NAMA              : Kesi Sulisetyo Rini
NIM                   : 09.1.01.08.0129
KEL / LOKASI : 19/Ds. Manggis
BIDANG           : Pendidikan

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
Belajar bersama Bahasa Inggris
Kelompok Sasaran
Siswa SD-SMP
Tujuan
Agar siswa lebih pandai berbahasa Inggris
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Buku ajar
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
10
Hasil-hasil yang dicapai
Mereka dapat memahami lebih dalam tentang bahasa Inggris
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung : sarana memadai yakni tempat yang luas
Faktor penghambat : -
Saran untuk kelanjutan program
Lebih kreatif dalam memberikan pengajaran


Tabel 4.24

NAMA              : LELI FITRI NURSANTI
NIM                   : 09.1.01.09.0312
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu
BIDANG           : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
Bimbingan belajar penjas (SD)
Kelompok Sasaran
Siswa SD
Tujuan
Mengatasi kesulitan dalam belajar penjaskes
Bentuk Kegiatan
Non-Fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Buku tulis, buku pegangan siswa
Biaya Kegiatan
Rp. 50.000
Jumlah Peserta
15 orang
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa-siswi mampu mengerjakan LKS dengan benar
Faktor Pendukung & Penghambat
Kurangnya minat dari peserta lain karena kebanyakan para peserta sudah mengikuti LBB
Saran untuk kelanjutan program
Jam mengajar harusnya ditambah dan membaca

Tabel 4.25
NAMA               : LILIS SETIANI
NIM                    : 09.1.01.07.0092
KEL / LOKASI  : 19 / DSN. DOROK, DS. MANGGIS KEC. PUNCU
BIDANG            : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Terampil bersastra
Kelompok Sasaran
SD-SMP
Tujuan
Agar siswa dapat terampil dalam bersastra (membaca puisi)
Bentuk Kegiatan
Non-Fisik
Sifat Kegiatan
Bimbingan Belajar
Bahan/Alat
Buku Panduan, Buku Kumpulan Puisi
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
10 anak
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa dapat terampil dalam bersastra (membaca puisi)
Faktor Pendukung & Penghambat
-          Pendukung: Antusias yang tinggi dari para siswa untuk melaksanakan bimbingan.
-          Penghambat: Siswa masih malu untuk membaca puisi dengan ekspresi.
Saran untuk kelanjutan program
Antusias yang tinggi dari siswa dalam bersastra mampu menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap Negara Indonesia

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
2.Penggagas sosialisasi terapi kesehatan
Kelompok Sasaran
Warga
Tujuan
Agar warga memahami cara terapi kesehatan yang benar
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Kesehatan
Bahan/Alat
Tikar, alas duduk (kursi)
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
20
Hasil-hasil yang dicapai
Warga mengetahui dan memahami cara terapi kesehatan
Faktor Pendukung & Penghambat
-          Pendukung: Warga berantusias tinggi dalam mengikuti sosialisasi
-          Penghambat: Daya ingat warga yang lemah membuat lupa cara terapi
Saran untuk
kelanjutan program
Keseriusan warga dalam mengikuti program terapi kesehatan akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan


Tabel 4.26

NAMA               : LUCKY NALASETA
NIM                    : 09.1.03..02.0289
KEL / LOKASI :19/ DESA MANGGIS
BIDANG            :PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Bimbingan belajar komputer
Kelompok Sasaran
Siswa SMP
Tujuan
Mengenalkan Ms Excel
Bentuk Kegiatan
Non fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Laptop, LCD, dan Buku
Biaya Kegiatan
Rp. 50.000,00-
Jumlah Peserta
7 Orang
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa mampu mengoprasikan program Ms Excel
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung: Tempat bimbingan yang telah tersedaa
Faktor Penghambat: Kurang Laptop
Saran untuk kelanjutan program
Teruslah belajar supaya memiliki pengetahuan yang luas.
Tabel 4.27

NAMA              : M Fendi Santoso
NIM                   : 09.1.01.06.0069
KEL / LOKASI : 19/Ds. Manggis
BIDANG           : Pendidikan

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
Belajar bersama
Kelompok Sasaran
Siswa SD dan SMP
Tujuan
Meningkatkan pemahaman materi Ilmu Pengetahuan Alam
Bentuk Kegiatan
Non Fisik
Sifat Kegiatan
Bimbingan Belajar
Bahan/Alat
Buku, kamus, alat tulis
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
10 anak
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa dapat mengerti konsep pelajaran ilmu pengetahuan alam sesuai dengan tingkatanya
Faktor Pendukung & Penghambat
-          Pendukung: Antusias siswa tinggi dengan semangat yang membara
-          Penghambat: Siswa malu untuk bertanya ketika mendapat materi yang susah di fahami
Saran untuk kelanjutan program
-          Sarana yang kurang memadai dan keterbatasan waktu sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal


Tabel 4.28

NAMA               : M. MACHRUS ALI TOBRONI
NIM                   : 09.1.02.02.0056
KEL / LOKASI :19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS Kec. PUNCU
BIDANG            : KEPEMUDAAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Pengawalan Pendirian Posko “GAMAN” Gerakan Masyarakat Anti Narkoba
Kelompok Sasaran
Pemuda dan Masyarakat Dsn. Dorok
Tujuan
Membentuk mental generasi cerdas tanpa narkoba
Bentuk Kegiatan
Peyuluhan dan sosialisasi
Sifat Kegiatan
Non - Fisik
Bahan/Alat
-
Biaya Kegiatan
Rp. 200.000,-
Jumlah Peserta
30 peserta
Hasil-hasil yang dicapai
Berdirinya posko “GAMAN” Gerakan Masyarakat Anti Narkoba
Faktor Pendukung & Penghambat
Pendukung : Respon positif dari perangkat dusun dan Ketua RT
Penghambat : Waktu pelaksanaan benturan dengan agenda rutin warga
Saran untuk kelanjutan program
Menginformasikan pada masyarakat tentang adanya posko “GAMAN” sebagai posko pengaduan pengguna narkoba di Dsn. Dorok


Tabel 4.29

NAMA               : MUH USMAN
NIM                    : 09.1.01.09.0367
KEL / LOKASI  : 19/Dsn. DOROK Ds. MANGGIS KEC. PUNCU
BIDANG            :OLAHRAGA

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Pengenalan dampak Sex Bebas (FREE SEX)
Kelompok Sasaran
Siswa-siswi SMP
Tujuan
Agar siswa-siswi mengetahui dampak dari Sex Bebas
Bentuk Kegiatan
Non-Fisik
Sifat Kegiatan
Sosialisasi
Bahan/Alat
Laptop dan Proyektor
Biaya Kegiatan
Rp.100.000,00-
Jumlah Peserta
20 Peserta
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa dapat mengetahui dampak-dampak dari Sex Bebas
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung :sarana dan Prasarana sudah terpenuhi.
Faktor Penghambat :kurangnya minat siswa-siswi yang datang untuk mengikuti sosialisasi sex bebas ini
Saran untuk kelanjutan program
Untuk setiap sekolahan harus sering mengadakan sosialisasi sex bebas yang lebih sering lagi,agar calon-calon generasi muda tidak terjebak dalam sex bebas




Tabel 4.30
NAMA              : Navita Maharani
NIM                   : 09.1.03.02.0374
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS Kec. PUNCU
BIDANG            : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Pengenalan WordArt
Kelompok Sasaran
Siswa-siswi SD Dsn. Dorok Ds. Manggis
Tujuan
Agar para siswa-siswi dapat mengkreasikan bentuk angka atau huruf
Bentuk Kegiatan
Non-Fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Laptop
Biaya Kegiatan
Rp. 50.000
Jumlah Peserta
10 orang
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa-siswi dapat lebih mengenal apa itu WordArt
Faktor Pendukung & Penghambat
Kurangnya sarana pendukung seperti laptop atau komputer
Saran untuk kelanjutan program
Agar sekolah lebih mengenalkan wordArt pada anak didiknya dan yang terpenting microsoft word


Tabel 4.31

NAMA                : NINIK DWI LESTARI
NIM                    : 09.1.01.06.0074
KEL / LOKASI  : 19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS KEC. PUNCU
BIDANG            : KESEHATAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Penyuluhan jentik – jentik nyamuk
Kelompok Sasaran
Warga Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu RT.02 RW.01
Tujuan
Untuk memberantas nyamuk aides aigepti
Bentuk Kegiatan
Non- Fisik
Sifat Kegiatan
Kesehatan
Bahan/Alat
Senter
Biaya Kegiatan
-
Jumlah Peserta
30 kepala keluarga
Hasil-hasil yang dicapai
Setelah dilakukan pengamatan terdapat dua rumah yang terdapat jentik – jentik nyamuk pada tempat – tempat air.
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung : antusias warga dalam membersihkan lingkungan sehingga hanya beberapa rumah terdapat jentik – jentik nyamuk pada penampungan air.
Faktor penghambat : kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan tempat penampungan air.
Saran untuk kelanjutan program
Agar dilakukan pengurasan tempat – tempat air setiap tiga hari sekali agar siklus hidup jentik – jentik nyamuk dapat terputus.

Tabel 4.32

NAMA               : PANJI KURNIAWAN
NIM                    : 09.1.03.03.0056
KEL / LOKASI  : 19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS KEC. PUNCU
BIDANG            : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Pengenalan Microsoft Office Word
Kelompok Sasaran
SD
Tujuan
Mengenalkan tentang dasar – dasar komputer dan pengenalan program Microsoft Office Word
Bentuk Kegiatan
Non-Fisik
Sifat Kegiatan
Bimbingan Belajar
Bahan/Alat
Laptop
Biaya Kegiatan
Rp. 50.000,-
Jumlah Peserta
20 Anak
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa dapat mengetahui tentang dasar-dasar pengoperasian komputer dan mampu mengoperasikan program Microsoft Word dengan baik.
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung: semangat siswa yang ingin belajar komputer sangat besar sehingga memudahkan proses belajar.
Faktor Penghambat: kurangnya ketersediaan laptop sehingga sedikit mengganggu proses belajar.
Saran untuk kelanjutan program
Jam belajar serta ketersediaan media pembelajaran komputer harus ditmbah.



Tabel 4.33

NAMA               : SYAIFUL ANAM
NIM                    : 09.1.03.02.0485
KEL / LOKASI  : 19 / POSKO KKN
BIDANG            : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Bimbingan belajar komputer
Kelompok Sasaran
SD dan SMP
Tujuan
Memberikan pengetahuan tentang komputer pada anak
Bentuk Kegiatan
Non - fisik
Sifat Kegiatan
Bimbingan belajar
Bahan/Alat
Laptop, buku dan alat tulis
Biaya Kegiatan
Rp 50.000,00-
Jumlah Peserta
7
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa dapat mengoperasikan program Paint, microsoft office word
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor pendukung : sarana dan prasarana terpenuhi
Faktor penghambat: kekurangan laptop
Saran untuk kelanjutan program
Harus sering dicoba dan jangan putus asa apabila mengalami kesulitan

Tabel 4.34

NAMA               : Muhammad Wildan Fauzi
NIM                    : 09.1.02.01.0065
KEL / LOKASI : 19 / Dsn. Dorok Ds. Manggis Kec. Puncu
BIDANG            : Pendidikan

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
Bimbingan belajar matematika
Kelompok Sasaran
Siswa-siswi SD dan SMP
Tujuan
Membantu siswa mengatasi kesulitan dalam belajar
Bentuk Kegiatan
Non-fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Alat tulis
Biaya Kegiatan
Rp. 50.000,-
Jumlah Peserta
15 Peserta
Hasil-hasil yang dicapai
Siswa-siswi mampu belajar dan dan mengerjakan LKS dengan benar
Faktor Pendukung & Penghambat
Faktor Pendukung   : Minat yang besar dalam dari siswa untuk mengikuti bimbingan belajar.
Faktor Penghambat : Kurangnya fasilitas atau media pembelajaran.
Saran untuk kelanjutan program
Penambahan fasilitas menngajar.

Tabel 4.35

NAMA                : YUVI DWI NOVITA
NIM                    : 09.1.01.08.0296
KEL / LOKASI  :19 / Dsn. DOROK Ds. MANGGIS Kec. PUNCU
BIDANG            : PENDIDIKAN

Identitas Program
Diskripsi Kegiatan
No. & Nama Program
1. Bimbingan belajar bahasa inggris (speaking)
Kelompok Sasaran
Siswa-siswi SD dan SMP
Tujuan
Agar siswa-siswi dapat berbicara menggunakan bahasa inggris.
Bentuk Kegiatan
Non fisik
Sifat Kegiatan
Pendidikan
Bahan/Alat
Buku dan video edukasi.
Biaya Kegiatan
Rp. 50.000
Jumlah Peserta
15 peserta
Hasil-hasil yang dicapai
siswa-siswi lancar berbicara menggunakan bahasa inggris.
Faktor Pendukung & Penghambat
Kurangnya kelancaran siswa-siswi dalam pengucapan bahasa inggris.
Saran untuk kelanjutan program
Siswa-siswi giat berlatih berbicara menggunakan bahasa inggris.

                                                                                             

C.    Faktor Pendukung Kegiatan

Adapun factor pendukung kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1.      Perangkat desa yang selalu mendukung, memfasilitasi, dan memotivasi kegiatan;
2.      sikap warga Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri yang baik dan ramah;
3.      warga Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri yang antusias membantu dan mendukung setiap kegiatan yang diadakan oleh peserta KKN Universitas Nusantara PGRI Kediri;
4.      semua anak didik mulai TK, SD, dan SMP,  antusias mengikuti bimbingan belajar;
5.      teman-teman mahasiswa peserta KKN dan khususnya semua anggota KKN kelompok 19 Universitas Nusantara PGRI Kediri yang selalu membantu terlaksananya seluruh kegiatan.

D.                Faktor Penghambat Kegiatan

Adapun factor penghambat kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1.      Padatnya aktivitas perangkat desa sehingga sulit untuk bertemu.
2.      Cuaca yang tidak menentu sehingga menghambat aktivitas kegiatan KKN.














BAB V

PENUTUP


A.          Simpulan
Dengan berakhirnya pelaksanaan program KKN Universitas Nusantara PGRI Kediri pada tanggal 15 April 2013 di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, dapat disimpulkan bahwa seluruh program KKN dapat dilaksanakan hingga selesai, meskipun ada hambatan-hambatan. Akan tetapi, seluruh program dapat berhasil terlaksana dengan dukungan dan kerja sama dari teman mahasiswa KKN kelompok 19 serta warga masyarakat dan perangkat desa.
Program KKN ini menjanjikan mahasiswa hidup lebih mandiri dan lebih peka terhadap permasalahan masyarakat secara umum. Dengan ini, diharapkan terjadi relasi yang cukup kuat dengan semangat pengabdian masyarakat yang tertuang dalam “Tri Dharma Perguruan Tinggi” .
Adanya relasasi antara mahasiswa KKN dengan Masyarakat diharapkan terjadi perkembangan pembangunan yang mengarah pada perbaikan. Bagi masyarakat, kedatangan mahasiswa merupakan langkah maju bagi pembangunan desa, baik pembangunan fisik maupun pembangunan non-fisik. Masyarakat akan memperoleh pemikiran-pemikiran yang maju serta termotivasi membangun desanya sendiri. Selama melaksanakan kegiatan KKN ada beberapa hal yang patut diketahui dari masyarakat Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, antara lain :
1.      Bidang pendidikan, berupa bimbingan belajar dan praktik siswa-siswi TK, SD,dan SMP, berjalan dengan baik sesuai dengan program, hal ini dapat dilihat dari antusias yang cukup tinggi dari siswa-siswi yang ikut bimbingan belajar di posko KKN.
2.      Bidang Non-Pendidikan, baik yang berupa kegiatan fisik dan non-fisik juga dapat berjalan dengan baik bahkan mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat.
3.      Kesadaran Masyarakat membantu kelancaran kegiatan, terbukti dengan adanya kerjasama yang baik selama kegiatan.

B.           Saran

Dalam kesempatan yang baik ini, penulis ingin memberikan beberapa saran yang sekiranya dapat berguna bagi program KKN yang akan datang, antara lain untuk :
a.       Mahasiswa
1.      Mahasiswa hendaknya mempersiapkan diri lebih matang baik mental maupun spiritual dalam menjalankan KKN.
2.      Hendaknya sebelum KKN mahasiswa membekali diri dengan berbagai keterampilan untuk dikembangkan selam KKN.
3.      Hendaknya mahasiswa mempunyai kesadaran untuk saling bekerjasama dengan baik di lapangan.

b.      Panitia Pengelola KKN
1.      Di dalam kegiatan pembekalan KKN hendaknya panitia memberikan sanksi yang tegas bagi mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan pembekalan, mengingat akan pentingnya kegiatan tersebut supaya pada saat kegiatan KKN berlangsung tidak menjadi benalu bagi teman yang lain.
2.      Panitia hendaknya memberikan alokasi waktu yang cukup untuk penyampaian materi di dalam pembekalan, sehingga mahasiswa benar-benar mempersiapkan bekal yang cukup untuk terjun ke masyarakat.
3.      Masalah tempat tinggal harus dikoordinir dengan baik oleh panitia penyelenggara, supaya mahasiswa peserta KKN tidak dimanfaatkan oleh pihak yang mempunyai rumah
4.      Penulis berharap, KKN yang akan datang lebih bagus dari KKN ini serta panitia penyelenggara lebih siap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar